Merasa Tak Tua, Ratu Elizabeth II Tolak Penghargaan Oldie of the Year

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 21 Okt 2021 13:15 WIB
CARDIFF, WALES - OCTOBER 14:  Queen Elizabeth II attends the opening ceremony of the sixth session of the Senedd at The Senedd on October 14, 2021 in Cardiff, Wales.  (Photo by  Jacob King-WPA Pool/Getty Images) Ratu Elizabeth II (Foto: Jacob King-WPA Pool/Getty Images)
London -

Usianya boleh saja hampir mencapai seabad. Namun, Ratu Elizabeth II enggan mendapat cap telah menua.

Nenek 95 tahun ini pun menolak penghargaan 'Oldie of the Year' tahun ini. Digelar oleh majalah The Olide sejak 29 tahun lalu, penghargaan ini didedikasikan bagi para lansia berprestasi dan tetap aktif berkontribusi untuk publik terlepas usia yang tak muda lagi.

Pada 30 Juli 2021, Ketua Oldie of the Year Gyles Brandreth bersurat dengan sekretaris pribadi Ratu, Sir Edward Young, untuk meminta kesediaan Ratu menerima penghargaan tersebut.

Surat tersebut lantas dibalas dengan pernyataan yang berisi penolakan halus dari perempuan yang pada 2022 akan merayakan 70 tahun memimpin monarki Inggris (Platinum Jubilee).

"Yang Mulia percaya bahwa Anda tua karena merasa demikian, maka Ratu yakin tidak memenuhi kriteria pemenang penghargaan tersebut," tulis Sir Edward mewakili Ratu, seperti dikutip BBC News. Surat balasan tersebut bertanggal 21 Agustus dan dipublikasikan di majalah Oldie belum lama ini.

WINDSOR, UNITED KINGDOM - OCTOBER 19:  Queen Elizabeth II arrives to greet guests during a reception for international business and investment leaders at Windsor Castle to mark the Global Investment Summit on October 19, 2021 in Windsor, England.  (Photo by Arthur Edwards-Pool/Getty Images) Ratu Elizabeth II di Windsor Castle pada 19 Oktober 2021. (Foto: Arthur Edwards-Pool/Getty Images)

Ratu berharap, penyelenggara bisa menemukan pengganti yang lebih pantas untuk menerima penghargaan Oldie of the Year. Surat itu ditutup dengan ucapan, "salam hangat dari Yang Mulia."


Ratu Elizabeth II bukan anggota keluarga kerajaan pertama yang pernah punya sejarah dengan 'Oldie of the Year'. Penerima terdahulunya di antaranya ada mendiang ibu Ratu Elizabeth II yang meninggal dalam usia 101 tahun pada 2002.

Sekitar 20 tahun lalu, suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, juga pernah diminta untuk menerima 'Oldie of the Year'. Namun, ia menolaknya juga. "Bukan hal yang baik untuk mengingatkan betapa cepatnya waktu berlalu," kata Philip kala itu menurut Gyles.

Setidaknya, ada satu anggota keluarga Kerajaan yang mendukung penghargaan tersebut. Camilla, istri Pangeran Charles, menghadiri acara jamuan siang yang digelar baru-baru ini untuk merayakan para pemenang Oldie of the Year 2021.

Aktif di usia senja, Ratu Elizabeth II sempat muncul di kegiatan resmi beberapa pekan terakhir. Dua hari lalu, ia menggelar acara resepsi di Windsor Castle bagi para investor dan pelaku bisnis internasional dalam rangka Global Investment Summit. Bill Gates yang putrinya baru saja menikah dengan pebisnis dan atlet Mesir, turut hadir.

LONDON, ENGLAND - OCTOBER 12: Queen Elizabeth II and Princess Anne, Princess Royal attend a service of Thanksgiving to mark the centenary of The Royal British Legion at Westminster Abbey on October 12, 2021 in London, England. (Photo by Arthur Edwards - WPA Pool/Getty Images)(Foto: Arthur Edwards - WPA Pool/Getty Images)



Simak Video "Penjelasan Istana Buckingham Soal Ratu Elizabeth II Alami Punggung Terkilir"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)