Fansite Jimin BTS Dicekal, Galang Dana Bikin Pesawat 'Happy Jimin Day'

R Chairini Putong - wolipop Senin, 06 Sep 2021 21:30 WIB
Jimin BTS diduga tak melakukan operasi plastik Jimin BTS. Foto: dok. Dispatch
Jakarta -

Fansite Jimin BTS asal Cina, Jimin Bar mendapat kecaman karena melakukan crowdfunding atau penggalangan dana online. Dana tersebut digunakan untuk menghiasi badan pesawat JEJU Air dengan wajah Jimin BTS.

Otoritas Cina menilai tindakan fansite Jimin BTS tidak rasional. Mereka bekerja sama dengan maskapai JEJU Air untuk menyelimuti badan pesawat dengan tulisan 'Happy Jimin Day'.

Pesawat bertema Jimin BTS telah disinggung dalam acara televisi Mnet 'TMI News' baru-baru ini. Para MC membicarakan dukungan penggemar mancanegara untuk ulang tahun idol KPop.

Jimin BTS sendiri akan berulang tahun pada 13 Oktober mendatang. Sehingga, pesawat bertema Jimin BTS direncanakan beroperasi selama tiga bulan, dari 1 September hingga 30 November 2021.

Penumpang pesawat akan mendapatkan cup minuman bertema Jimin BTS dan tiket pesawat dengan wajah main dancer grup BTS itu. Sejumlah penggemar BTS pun telah membagikan potret pesawat tersebut saat melihatnya di bandara.



Fansite Jimin BTS Dicekal Weibo

Jimin Bar dicekal karena mengunggah hasil crowdfunding lewat unggahan Weibo. Fansite Jimin BTS itu dilarang mengunggah postingan di platform tersebut selama 60 hari.

Dalam kolom pengumuman, Weibo menjelaskan tindakan yang dilakukan kepada fansite Jimin BTS setelah mengunggah foto pesawat tersebut.

"Sejak Cyberspace Administration of China mengumumkan "Tindakan Tambahan untuk Membersihkan Kekacauan Fandom," Weibo telah melakukan pembersihan seperti yang diminta, mengunggah beberapa pengumuman untuk mendorong mendukung artis dengan alasan dan menjaga ketertiban komunitas ini," tulis pihak Weibo, seperti dilansir dari Koreaboo.

"Netizen melaporkan kepada kami bahwa, pada bulan April, sebuah akun memulai crowdfunding untuk 'pesawat khusus' di platform lain, yang melanggar aturan. Baru-baru ini, mereka mengunggah hasil project di Weibo."

"Isi unggahan itu termasuk mendorong dan membandingkan, yang merupakan masalah serius. Kami segera memblokir akun JIMIN_JNC (nama akun Jimin Bar) dari mengunggah postingan selama 60 hari dan menghapus postingan Weibo terkait," jelas pihak Weibo.

Pihak Weibo akan memperkuat pengelolaan akun untuk mencegah hal serupa terjadi. Ke depannya, Weibo akan mengumumkan tindakan berkala yang dilakukan kepada fansite Jimin BTS.

"Weibo sangat menentang dukungan irasional untuk artis, dan siap mengambil tindakan serius. Ke depannya, kami akan terus membuat pengumuman berkala tentang tindakan yang diambil (kepada Jimin Bar)," pungkas pihak Weibo, mempersilakan pengguna untuk melaporkan hal serupa seperti project ulang tahun Jimin BTS.



Simak Video "Tur 'BTS MAP OF THE SOUL' Dibatalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)