Ramai Kasus KPI, Ini 7 Kasus Pelecehan Seks Terhadap Pria yang Jadi Sorotan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 03 Sep 2021 12:45 WIB
People problems, poverty. Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix
Jakarta -

Pelecehan seksual bukan hanya bisa terjadi pada wanita. Baru-baru ini ramai viral curhatan seorang pria yang merasa dilecehkan di tempat kerjanya, KPI. Pegawai KPI itu mengaku di-bully secara seksual yang membuatnya trauma dan sakit. Meski tidak sebanyak wanita, ada sejumlah kasus pelecehan seksual terhadap pria yang mengejutkan publik. Berikut tujuh di antaranya:

Pria Jadi Korban Begal Payudara

Banu, pria yang berambut gondrong korban begal payudaraBanu, pria yang berambut gondrong korban begal payudara Foto: Instagram @banumelody

Seorang pria mengungkap pengalamannya jadi korban begal payudara. Dalam postingannya pemilik akun @banumelody dikira seorang wanita karena rambutnya panjang. Peristiwa yang terjadi awal tahun ini itu pun menyadarkan banyak orang bahwa wanita tidak jadi korban pelecehan hanya karena busana.

"Yang sering bilang, 'Makanya aurat, penampilan tuh dijaga, biar gak ngundang nafsu'. Gak gitu gess! Karena gerimis, ane pake mantel baju + celana panjang, tebel, pake balaclava + helm. Cuma kelihatan rambut panjang ane, dikit aja dicelah balaclava-helm. Eh dibegal payudara. Ane laki," tulisnya.

Alexander Wang Dituduh Lecehkan Model

LISBON, PORTUGAL - NOVEMBER 07: Fashion designer Alexander Wang on the Contentmakers 1 Stage during day two of Web Summit 2018 at the Altice Arena on November 7, 2018 in Lisbon, Portugal. In 2018, more than 70,000 attendees from over 170 countries will fly to Lisbon for Web Summit, including over 1,500 startups, 1,200 speakers and 2,600 international journalists. (Photo by Eoin Noonan /Web Summit via Getty Images) Foto: Web Summit via Getty Images/Handout

Dunia fashion juga sempat digemparkan oleh berita perancang kenamaan Alexander Wang yang dituduh lakukan pelecehan pada beberapa orang. Salah satunya model Owen Mooney yang bercerita lewat video TikTok bahwa dia pernah bertemu Wang di sebuah klub di New York City pada 2017. Owen mengaku saat itu area intimnya diremas. Setelahnya, muncul banyak tuduhan serupa kepada mantan desainer Balenciaga ini.

Reporter Pria Dicium Wanita Saat Siaran

Jeon Gwang-ryeolJeon Gwang-ryeol Foto: dok. MBN

Sebuah video di 2018 jadi viral karena menunjukkan reporter pria Jeon Gwang Ryeol dicium dua wanita saat melaporkan Piala Dunia jadi sensasi. Banyak orang memperdebatkan apakah wartawan yang pipinya dicium dua kali oleh wanita Rusia itu adalah pelecehan seksual. Netizen menyayangkan mengapa hal tersebut tidak ditindak sebagaimana jika terjadi pada wanita.

James Charles Lecehkan Anak di Bawah Umur

beauty influencerbeauty influencer Foto: Twitter

Dari industri kecantikan, influencer James Charles juga sempat menghebohkan dengan tuduhan kasus pelecehan seksual. Terlebih pria yang jago makeup tersebut dituding melakukan pada laki-laki yang masih di bawah umur. James sempat mengelak tuduhan tersebut dan berkata remaja mengaku sudah berusia 18 tahun. Tapi akhirnya pria 22 tahun itu membuat klarifikasi dan mengaku bersalah dalam video YouTube-nya.

Kang Daniel Melaporkan Komentar Pelecehan Seksual
Pelecehan seksual juga rentan terjadi para idol KPop. Setelah 'lulus' dari Wanna One, Kang Daniel tiba-tiba dikabarkan lapor polisi karena komentar bullying. Dalam pernyataan agensi, disebutkan jika mantan pacar Jihyo TWICE ini sering mendapat komentar menyinggung mengenai penampilan fisik hingga pelecehan seksual. Kang Daniel pun dikatakan datang sendiri ke Kantor Polisi Gangnam untuk dimintai keterangan dan konfirmasi.

Kasus Saipul Jamil

Berapa Tahun Saipul Jamil Dipenjara?Berapa Tahun Saipul Jamil Dipenjara? Foto: Hanif/detikHot

Saipul Jamil baru saja bebas setelah dipenjara karena kasus pencabulan dan korupsi. Untuk kasus pencabulannya pada remaja laki-laki, mantan suami Dewi Persik itu dihukum lima tahun penjara. Namun kebebasannya dikecam sejumlah pihak, termasuk seksolog Zoya Amirin. Zoya menyerukan aksi boikot pada Saipul karena pria tersebut merupakan terdakwa kasus pelecehan seksual dan pedofilia.

Guru yang Jadi Predator Remaja

Brandy Lynn GonzalesBrandy Lynn Gonzales Foto: istimewa

Pada 2004, seorang wanita bernama Brandy Lynn Gonzales di Houston, AS, ditahan atas tuduhan pelecehan seksual terhadap lima remaja. Brandy yang merupakan guru sekolah dasar kala itu, menargetkan korban di usia 11-13 tahun. Penyelidikan menemukan fakta bahwa Brandy melakukan aksinya dengan cara mengajak lima remaja laki-laki itu ke bioskop, apartemen, bahkan kelas yang diajarnya.

(ami/ami)