Reporter Pria Dicium Dua Wanita Saat Siaran Piala Dunia Picu Kontroversi

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 06 Jul 2018 13:46 WIB
Foto: dok. MBN Foto: dok. MBN

Rusia - Tak hanya wanita, pria juga bisa menjadi sasaran pelecehan seksual ketika mereka tengah bekerja. Seperti yang terjadi oleh seorang pria yang bekerja sebagai reporter ini. Ia menerima perlakuan yang dianggap sebagai pelecehan seksual saat tengah melaporkan berita Piala Dunia 2018.

Sebuah klip video yang menunjukkan seorang reporter pria asal Korea Selatan dicium oleh wanita saat Piala Dunia jadi sensasi. Banyak pengguna media sosial memperdebatkan apakah wartawan yang diketahui bernama Jeon Gwang-ryeol, yang pipinya dicium dua kali oleh fans perempuan Rusia itu adalah pelecehan seksual.

Pada rekaman video yang beredar, Gwang-ryeol tampak acuh saat ada wanita yang mencium pipinya dan tetap melanjutkan laporannya. Namun, ia pun menjadi tak fokus dan tertawa malu saat ada wanita lain yang menciumnya lagi.

Perdebatan tentang insiden itu muncul di Weibo, situs jejaring sosial terbesar di China. Pengguna Weibo bertanya mengapa tindakan beberapa penggemar wanita Rusia tidak dikritik dengan cara yang sama, seperti yang dilakukan oleh pria yang mencium reporter wanita saat siaran langsung Piala Dunia beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Dilecehkan Suporter Piala Dunia, Reaksi Reporter Wanita Ini Dipuji Netizen
Reporter Pria Dicium Dua Wanita Saat Siaran Piala Dunia Picu KontroversiReporter Pria Dicium Dua Wanita Saat Siaran Piala Dunia Picu Kontroversi Foto: dok. MBN

Sebelumnya diketahui bahwa ada dua reporter asal Jerman dan Brasil yang dicium oleh fans pria saat mereka tengah melaporkan berita Piala Dunia di Rusia, Juni lalu. Hal tersebut pun menimbulkan banyak kecaman, namun banyak pengguna Weibo mengkritisi pada kasus reporter pria yang bekerja di stasiun TV MBN ini, tak ada kecaman untuk fans wanita yang menciumnya.

"Ini sangat kontras dengan berita sebelumnya," kata seorang pengguna Weibo.

"Mengapa ini bukan pelecehan seksual?" tanya yang lain, yang komentarnya menerima ratusan suka.

"Jika ada wanita cantik yang mencium jurnalis itu, bukan pelecehan namanya," balas netizen lain.

Baca Juga : Ini Reporter yang Alami Pelecehan saat Siaran Langsung Piala Dunia 2018

Seperti dikutip dari BBC, pengguna Weibo lainnya menyerukan persamaan gender antara pria dan wanita. Mereka mengungkapkan bahwa respon terhadap insiden ini menunjukkan ketidaksetaraan masih ada.

"Terlepas dari jenis kelamin Anda, Anda dilecehkan secara seksual. Seorang wartawan MBN pergi ke Rusia untuk meliput Piala Dunia dan ia dilecehkan secara seksual oleh dua wanita," ungkap netizen lainnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, cerita tentang kekerasan seksual telah banyak didiskusikan di Weibo terutama bagi reporter yang tengah menjalankan tugasnya di Piala Dunia. Banyak orang menuduh pihak berwenang tidak menganggapnya serius.

A post shared by BuzzFeed World (@world) on Jul 5, 2018 at 9:59am PDT

(agm/agm)