Viral Gaya Reporter CNN Tanpa Hijab dan Berhijab Saat Liputan Soal Taliban

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 19 Agu 2021 07:15 WIB
Clarissa Ward Foto: Dok. CNN, Twitter Clarissa Ward
Jakarta -

Reporter CNN Internasional yang bertugas di Kabul, Afghanistan, Clarissa Ward viral karena perubahan gaya busananya saat liputan. Gayanya dianggap berubah sebelum dan sesudah Taliban menguasai Afghanistan.

Dalam foto Clarissa Ward yang viral terlihat pada foto sebelum Taliban berkuasa lagi di Afghanistan, wanita berambut pirang itu melakukan liputan dengan busana berwarna pink dan scarf merah. Dan pada foto kedua, di mana di katakan terjadi saat Taliban menguasai Afghanistan, Clarissa tampil memakai busana gelap dan berhijab.

"They say Hizab is a choice. Clarissa Ward transforms herself in a day- chooses to survive," begitu salah satu komentar netizen.

"#Afghanistan in two screengrabs: Same TV channel (@CNN), same reporter (@clarissaward), same city (Kabul). Before Taliban capture of Kabul - and after," tulis netizen lainnya.

Clarissa WardClarissa Ward Foto: Dok. Twitter

Sebagian netizen menganggap perubahan penampilan Clarissa Ward ini terkait aturan Taliban yang dianggap mengerikan. Pada 20 tahun lalu saat Taliban menguasai Afghanistan, wanita dilarang keluar rumah dan harus memakai burqa, pakaian yang menutupi wajah dan seluruh tubuh.

Klarifikasi Clarissa Ward

Foto perubahan penampilannya viral di media sosial, Clarissa Ward memberikan klarifikasi mengenai kondisi yang sebenarnya. Dalam cuitannya di Twitter, dia juga mengunggah dua foto dirinya yang berhijab dan tanpa hijab saat melakukan liputan di Afghanistan.

"Meme ini tidak tepat. Foto yang ada di atas adalah saat aku berada di rumah pribadi. Foto yang ada di bawah adalah saat aku berada di jalanan di Kabul yang dikuasai Taliban. Aku selalu memakai scarf sebagai penutup kepala saat berada di jalanan Kabul, meskipun tidak selalu dengan rambut sepenuhnya tertutup dan memakai abbaya. Jadi di sini ada perbedaan dan tidak semengerikan itu," tulisnya di Twitter pada Selasa (17/8/2021).

Clarissa WardClarissa Ward Foto: Dok. CNN, Twitter Clarissa Ward

Saat melakukan liputan di Kabul, Clarissa Ward mengelilingi kota dan melihat bagaimana tentara Taliban menguasai kota tersebut. Dan Clarissa pun bertemu dengan para tentara Taliban ini.

"Mereka menyuruhku untuk minggir karena aku seorang wanita," begitu kata Clarissa dalam liputannya.

Setelah perubahan penampilannya ini viral, Clarissa Ward, menuai banyak pujian warganet. Mereka memuji keberaniaan Clarissa meliput situasi genting dan penuh risiko.

"Clarissa Ward salah satu wanita paling berani yang pernah aku lihat seumur hidupku," tulis netizen.

"Aku tidak paham kenapa orang berdebat soal ini, pastinya yang kamu lakukan adalah pekerjaan jurnalistik yang berbahaya dan di situasi yang pentung tantangan," tulis netizen lain.



Simak Video "Charlotte Bellis, Jurnalis Wanita yang Curi Perhatian di Preskon Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)