Model Lily Cole Dikritik, Pakai Burqa Saat Taliban Kuasai Lagi Afghanistan

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 18 Agu 2021 12:05 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 01: (DAILY STAR OUT, DAILY SPORT OUT, STAR ON SUNDAY OUT, THE PEOPLE OUT) Lily Cole attends the launch of Gatwick Runway Models, the search for Britains next supermodels in partnership with Storm Model Management at Gatwick Airport on June 1, 2010 in London, England.  (Photo by Gareth Cattermole/Getty Images) Lily Cole. Foto: Getty Images/Gareth Cattermole
Jakarta -

Model asal Inggris, Lily Cole mendapat kritik tajam setelah mengunggah foto mengenakan burqa di tengah situasi Afghanistan yang dikuasai lagi oleh Taliban. Lily Cole mengaku belum membaca berita Afghanistan saat mempromosikan buku barunya dengan foto tersebut.

Baru-baru ini, Lily Cole mengunggah selfie mengenakan burqa untuk mempromosikan buku barunya tentang perubahan iklim berjudul 'Who Cares Wins'. Bintang film Star Wars: The Last Jedi itu mengajak 95 ribu pengikutnya untuk "merangkul keberagaman."

"Swipe! @whocares.wins ~ sudah keluar. Ayo rangkul keberagaman di setiap tingkatan: keanekaragaman hayati ; keragaman budaya ; keragaman pemikiran; keragaman suara; keragaman ide," tulis Lily Cole lewat akun Instagram (@lilycole).

Lily Cole sontak mendapat kritik lantaran mengunggah foto mengenakan burqa saat Taliban kembali menguasai Afghanistan. Wanita dan anak-anak perempuan Afghanistan dipaksa mengenakan burqa dan dilarang bekerja maupun bersekolah.

Lily ColeUnggahan Lily Cole yang mendapat kritik tajam. Foto: dok. Instagram lilycole

Lily Cole dituduh telah melakukan cultural appropriation dan menempatkan Instagram sebagai kepentingan di atas nasib warga Afghanistan. Aktris dan model berumur 33 tahun itu langsung menghapus unggahan fotonya dan meminta maaf.

Pada Selasa (17/8/2021), Lily Cole menuliskan permintaan maaf melalui fitur Instagram Story. Ia mengungkap foto-foto tersebut sudah lama diambil. Lily pun mengaku belum membaca berita terkait Afghanistan yang tengah menjadi sorotan dunia.

"Minggu ini, aku memposting foto lamaku mengenakan burqa yang dipinjamkan kepadaku oleh seorang teman," kata Lily Cole saat memulai pernyataannya lewat Instagram Story.

"Seperti yang ia katakan, aku merusak kegunaan aslinya dengan mengenakannya dengan wajah yang terlihat, tetapi aku mengerti kenapa foto itu membuat orang kesal dan aku ingin meminta maaf dengan tulus atas semua hal menyinggung," sambungnya.

Lily ColeUnggahan Instagram Lily Cole Foto: dok. Instagram lilycole

Lily Cole menyimpan permintaan maafnya dalam highlight Instagram yang diberi judul "My mistake ❤️". Ia mencoba mengedukasi pengikutnya dengan membagikan tangkapan layar berita yang menjelaskan situasi di Afghanistan.

"Aku belum membaca berita saat mengunggahnya, jadi itu adalah waktu yang tidak tepat (terima kasih telah mengingatkan hal itu padaku)," kata Lily Cole.

Lily Cole juga membagikan situs di mana followers-nya dapat menyumbang untuk membantu wanita Afghanistan.

"Hatiku hancur membaca tentang apa yang terjadi di Afghanistan saat ini, dan (aku) tengah mencari organisasi di lapangan yang dapat aku bantu, aku pikir aku akan membagikan beberapa yang aku temukan dan sumbangkan," pungkas Lily Cole.



Simak Video "Charlotte Bellis, Jurnalis Wanita yang Curi Perhatian di Preskon Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)