Penjelasan Han Yoo Ra soal Sunny Dahye, YouTuber Korea Dituduh Hina Indonesia

R Chairini Putong - wolipop Senin, 16 Agu 2021 12:00 WIB
Han Yoo Ra Han Yoo Ra. Foto: dok. Instagram big_miss_han
Jakarta -

Han Yoo Ra angkat bicara menyusul isu tak sedap yang menimpa YouTuber Korea Selatan, Sunny Dahye. Nama Sunny Dahye belakangan menjadi perbincangan hangat karena dituding telah melakukan kebohongan demi konten.

Kontroversi Sunny Dahye bermula dari unggahan akun Instagram @sunnyisaliar2. Akun tersebut membagikan tangkapan layar percakapan sang pemilik akun dengan editor yang pernah bekerja sama dengan Sunny Dahye.

Dalam unggahannya, Sunny Dahye disebut-sebut menganggap viewers asal Indonesia bodoh dan miskin sehingga lebih muda 'ditipu'. Sunny Dahye juga dituding berpura-pura puasa selama bulan Ramadan demi konten.

Han Yoo Ra, rekan sesama YouTuber Korea Selatan pun terseret dalam kontroversi Sunny Dahye. Menurut unggahan akun Instagram tersebut, Sunny Dahye merasa 'senang' saat akun YouTube Han Yoo Ra tiba-tiba hilang.

Menyusul kontroversi Sunny Dahye, Han Yoo Ra memberikan penjelasan melalui akun Instagram pada Minggu (15/8/2021). Ia mengaku telah membicarakan hal tersebut secara pribadi dengan Sunny Dahye lewat telepon.

Han Yoo RaSunny Dahye dan Han Yoo Ra Foto: dok. Instagram

Han Yoo Ra mengungkap hubungannya dengan Sunny Dahye baik-baik saja. Pemilik akun Instagram @big_miss_han itu tak ingin membicarakan apa-apa sebelum mendengarkan penjelasan langsung dari Sunny Dahye.

"Hmm.. gimana mulainya ya.. intinya aku barusan telponan ama #SunnyDahye onni dan kita udh baikan :) Aku kemarin sibuk tes camera & acara di luar terus jadi malamnya baru mulai baca komen, berita, DM, dan chat dari kalian, itu pun blm selesai baca semua karena hari ini aku full di gereja," ungkap Han Yoo Ra.

Han Yoo Ra mengatakan Sunny Dahye menginisiasi panggilan telepon mereka untuk meluruskan isu tak sedap yang menyeret namanya. Selama panggilan telepon, Sunny juga menyampaikan permintaan maafnya pada Han Yoo Ra.

"Sunny onni juga yg chat aku kemarin utk ajak telpon utk bahas ini dan aku tidak mau berkata apa-apa di medsos sebelum mendengarkan scr langsung dari SunnyDahye onni... Dia sudah minta maaf scr tulus dan aku juga tidak masalah. Kalo soal rumor2 yg gak jelas itu sudah biasa bagi influencer," sambungnya.

Sunny DahyeSunny Dahye dan Han Yoo Ra Foto: dok. YouTube SunnyDahyeIn

Meski demikian, Han Yoo Ra mengaku khawatir saat hal kecil dilebih-lebihkan hingga akhirnya menyakiti hati Sunny Dahye. YouTuber Korea Selatan itu juga pernah mengalami hal serupa karena potongan video-nya menjadi kontroversi.

"Cuma yg aku khawatirkan adalah betapa seramnya suatu hal kecil dilebih-lebihkan hingga menjadi alat utk menyakiti hati orang..." kata Han Yoo Ra.

Saat itu, Han Yoo Ra mendapat ujaran kebencian karena seseorang menyunting video-nya sebelum menonton hingga selesai. Teman Han Yoo Ra bahkan menjadi korban ujaran kebencian netizen yang salah paham.

"Dulu aku juga jadi korban editan orang yg tidak nonton Streaming aku secara full, dia sebarkan potongan video aku yg bagian intronya saja yg emg kliatan kontroversial dan semua YG stan report aku dan tulis komen jahatnya bukan hanya di ig aku tp juga di ig teman aku..." kenang Han Yoo Ra.

"Jadi aku tidak bisa lgsg bereaksi juga saat mendengar "katanya" ato juga "screenshot" ato "video" karena itu bisa aja hasil "edit", jadi pasti milih utk tanya ama orgnya langsung.. kalian jg tau kan... artis2 korea juga pada stress dgn masalah ini..." tegasnya.

Oleh karena itu, Han Yoo Ra tidak mudah percaya dengan isu yang beredar sebelum memastikan kebenarannya. Wanita berumur 30 tahun itu mengingatkan followers-nya untuk menunggu klarifikasi langsung dari Sunny Dahye.

"Aku tidak tau full cerita ttg masalah ini karena kita hanya telpon bentar tapi menurut aku lebih baik mari kita jgn men-judge dlu tapi menunggu klarifikasi dari orangnya langsung..!!" tulis Han Yoo Ra.

Han Yoo Ra berterima kasih kepada siapa pun yang telah mengkhawatirkannya dan memberikan dukungan. Kontroversi Sunny Dahye dinilai dapat menjadi momentum YouTuber Korea Selatan menyebarkan rasa cinta netizen Indonesia kepada netizen Korea.

"Terimakasih bnyk yg khawatirin aku dan kasih support! Aku mah kuat-kuat aja hadapi masalah begini berkat Tuhan. memang ini saatnya deh, Kita, youtuber org korea yg mendapatkan bnyk cinta dan dukungan dari Indonesia, siap memperkenalkan cinta itu ke warga korea..!!" seru Han Yoo Ra.

Menutup penjelasannya, Han Yoo Ra berharap netizen akan lebih bijak menanggapi isu yang beredar seperti kontroversi Sunny Dahye.



Simak Video "Kostum 'Squid Game' Masuk Daftar Terlarang di SD New York"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)