Unggah Kemenangan di Olimpiade, Medsos Atlet Peraih Medali Emas Ini Diblokir

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 05 Agu 2021 09:30 WIB
TOKYO, JAPAN - JULY 31: Elaine Thompson-Herah of Team Jamaica celebrates after winning the gold medal in the Womens 100m Final on day eight of the Tokyo 2020 Olympic Games at Olympic Stadium on July 31, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by David Ramos/Getty Images) Elaine Thompson/Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Salah seorang atlet Olimpiade Tokyo 2020, Elaine Thompson-Herah, mengalami kejadian tak menyenangkan usai akun Instagramnya terblokir. Pelari asal Jamaika yang berusia 29 tahun itu diblokir karena mengunggah video kemenangan dirinya.

Seperti dikutip dari BBC, akun Instagram milik Elaine Thompson itu tiba-tiba saja diblokir pada Selasa (3/8/2021) usai dirinya mengunggah video balapan lari 100 dan 200 meternya. Namun tampaknya hal itu merupakan kekeliruan yang dilakukan oleh pemilik Instagram, Facebook Inc. Pihak Facebook Inc sendiri telah mengkonfirmasi hal tersebut.

Elaine Thompson sendiri sempat membagikan ceritanya itu melalui akun Twitternya. Dalam salah satu unggahannya, peraih dua medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 itu menyampaikan bahwa akun Instagramnya itu telah diblokir karena dirinya mengunggah video yang tidak berizin atau memiliki hak cipta.

"Saya telah diblokir di Instagram karena memposting balapan Olimpiade karena saya tidak memiliki hak untuk melakukannya. Jadi sampai jumpa dalam 2 hari," tulis Elaine Thompson di Twitter.

International Olympic Commitee (IOC) sendiri telah menyatakan bahwa para atlet memang dilarang untuk memposting konten pertandingan dalam olimpiade yang berisi audio dan video. Hal itu dikarenakan sejumlah penyiar lah yang memiliki hak eksklusif untuk menyiarkan pertandingan olimpiade tersebut.

Konten apapun yang melanggar aturan tersebut akan segera dihapus. Para atlet hanya diperbolehkan membagikan konten yang telah disiarkan oleh penyiar yang memiliki hak eksklusif untuk menyiarkannya. Tidak diterangkan darimana konten yang diunggah oleh Elaine Thompson sendiri berasal.

Salah seorang juru bicara Facebook sendiri mengatakan bahwa untuk sementara waktu unggahan Elaine Thompson itu telah dihapus. Sementara untuk pemblokiran, itu merupakan kekeliruan dari pihak Facebook Inc.

(vio/vio)