Liputan Khusus Konten Berbagi di Medsos

Ini Pria di Balik Konten Viral Traktir Ojol Hingga Badut yang bikin Haru

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 18 Jul 2021 08:00 WIB
Foto Andrew Dinata yang membuat konten berbagi kepada sesama di TikTok. Foto: Dok. pribadi Andrew Dinata
Jakarta -

Media sosial TikTok menawarkan berbagai macam konten yang bisa memberikan inspirasi. Salah satunya konten berbagi untuk menolong sesama. Apalagi di masa pandemi ini banyak sektor yang terkena dampaknya.

Seperti yang diunggah oleh Seleb TikTok Andrew Dinata. Ia kerap mengunggah konten menebar kebaikan di akun TikToknya yang kemudian viral dan membuat netizen terharu. Salah satu videonya yang viral adalah saat dia mentraktir pria tua yang bekerja sebagai tukang parkir di depan minimarket.

"Kalau ada satu hal yang sedang bapak butuh banget di Circle K ini, kira-kira beli apa pak?" tanya @andrewdinata dalam videonya.

"Kebutuhan rumah tangga saya, beras," jawab bapak tersebut.

"Ya udah pak aku sama Caren mau berbagi dengan bapak ya yuk," ajak Andrew.

Dalam video tersebut terlihat si pria yang dipanggil Andrew dengan sapaan 'pak' langsung mengambil beras, beberapa mie instant, makanan ringan dan susu untuk anak-anaknya. Video juga memperlihatkan pria yang bekerja sebagai tukang parkir tersebut tak mau aji mumpung pada tawaran Andrew.

"Anaknya ada 3 tapi bapak ambil 2 karena gak enak hehee," kata Andrew kagum di videonya.

Usai mengambil barang tersebut, si pria tua tukang parkir mengucapkan terimakasih kepada Andrew dan Caren. "Kita gak bisa memberikan bapak banyak-banyak. Tapi semoga ini bisa berkah buat bapak ya. Hal kecil sudah bisa membuat orang bahagia," tutur akun @andrewdinata.

@andrewdinata

Timur ke Selatan bapak bekerja demi keluarga😭❤️ ##fyp ##fypsounds ##fypシ゚viral ##berbagi ##berbagiituindah ##seputarramadan ##tukangparkir

♬ Nostalgia Di SMA - Paramitha Rusady

Hingga kini video yang menampilkan kisah berbagi kepada sesama itu sudah ditonton lebih dari 7,2 juta kali. Video tersebut juga mendapatkan lebih dari 10 ribu komentar netizen. Netizen sebagian besar berkomentar terharu dengan sikap sang pria tua yang tidak mau memanfaatkan situasi tersebut.

Video berbagi tersebut bukan satu-satunya yang diunggah Andrew. Video lainnya yang juga ditonton jutaan kali di antaranya saat Andrew mentraktir seorang ojol, badut jalanan, pemulung hingga office boy. Dan sebagian besar dari mereka yang ditraktir Andrew menunjukkan sikap serupa, hanya mengambil apa yang memang dibutuhkan.

Pengakuan Andrew yang Membuat Konten Berbagi di TikTok

Wolipop menghubungi Andrew Dinata yang mengunggah berbagai konten berbagi di TikTok. Ia konsisten membuat konten berbagi kepada sesama karena ingin memberikan bantuan bagi mereka yang terdampak pandemi.

"Dan juga di balik itu tujuannya adalah mengedukasi masyarakat bahwa untuk berbagi tidak selalu saat kita sudah menjadi kaya dulu karena dari hal kecil saja itu terkadang sudah menjadi hal besar bagi yang membutuhkan," kata Andrew kepada Wolipop Jumat (17/7/2021).

Andrew pun mengisahkan di balik layar salah satu konten berbaginya yang ditonton jutaan kali. Yaitu saat dia mentraktir seorang pria tua yang bekerja sebagai juru parkir di minimarket.

"Tepat depan rumahnya Pak Hary Tanoe minimarketnya dan di situlah aku bertemu papak tukang parkir ini. Aku lihat bapak ini kayak sudah tua banget tapi masih harus kerja panas-panasan. Jadi aku memutuskan untuk bantu membelikan kebutuhan bapak ini. Dan saat aku tanya 'Kalau ada satu hal yang bapak butuh' dan beliau menjawab 'Kebutuhan keluarga'," kisah Andrew yang tinggal di Jakarta Barat itu.

Foto Andrew Dinata yang membuat konten berbagi kepada sesama di TikTok.Foto Andrew Dinata yang membuat konten berbagi kepada sesama di TikTok. Foto: Dok. pribadi Andrew Dinata

Ketika videonya viral di media sosial, ia merasa senang karena bisa memberikan dampak positif untuk membantu sesama. Dia juga mendapatkan dukungan dari warganet.

"Cobalah untuk berbagi dari hal kecil apapun yang kamu bisa tidak harus materi (tenaga, waktu) dan puji Tuhan edukasi itu diterima dengan baik oleh masyarakat dan beberapa kadang suka kirim videonya berbagi dengan hal kecil ke TikTok aku. Aku senang sekali karena apa yang aku lakukan berdampak) walau tetap pasti ada yang tidak suka," ungkapnya.

Namun tak sedikit juga netizen yang mengkritik kontennya. Ada yang mengatakan kenapa saat dia berbagi malah direkam dengan kamera. Ia bertekad untuk terus membuat konten yang positif dan berbagi kepada sesama. Mengenai kritikan tersebut, dia memilih tak ambil pusing.

"Aku hanya bisa menghormati semua komentar, karena mereka juga ada benarnya. Yang penting aku fokus ditujuannya sih balik lagi. Banyak hal yang aku lakukan tidak semuanya ada di depan kamera kok, jadi nggak papa kita respon dengan baik karena netizen hanya menilai dari yang dilihat di media sosial aja," sautnya.

Foto Andrew Dinata yang membuat konten berbagi kepada sesama di TikTok.Foto Andrew Dinata yang membuat konten berbagi kepada sesama di TikTok. Foto: Dok. pribadi Andrew Dinata

Pria 26 tahun itu menegaskan dirinya hanya ingin berbagi kepada sesama. Dan menurutnya hal itu bisa dilakukan dari yang paling sederhana.

"Karena terkadang hal kecil bagi kita, bisa jadi hal besar buat orang yang tepat. Analogi simple 'Kalau kamu punya uang Rp 10 ribu, sisihkan Rp 2 ribu untuk berbagi, 8 ribu untuk kamu simpan atau untuk kebutuhanmu pribadi," tutupnya.

(gaf/eny)