16 Drama Korea yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental, Bikin Mewek (Bagian 2)

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 14 Jul 2021 19:30 WIB
IU saat berperan dalam drama Korea My Mister IU dalam drama Korea My Mister. Foto: dok. tvN
Jakarta -

Pandemi yang berkepanjangan dapat membuat kesehatan mental terganggu hingga mengalami kecemasan. Di satu sisi, ada sejumlah drama Korea bertema kesehatan mental yang menghangatkan hati. Apa saja drama Korea yang membahas isu kesehatan mental?

Drama Korea bertema kesehatan mental membuat penonton merasa dekat karena pernah merasakan hal serupa. Deretan drama Korea ini memperlihatkan perjuangan karakternya untuk sembuh dari gangguan kesehatan mental dengan bantuan orang terkasih.

Berikut bagian kedua dari 16 drama Korea yang mengangkat isu kesehatan mental:

9. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo
Pemain: Lee Sung Kyung, Nam Joo Hyuk
Layanan: Netflix

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo mengisahkan pertemuan Kim Bok Joo (pemain Lee Sung Kyung) yang bercita-cita menjadi atlet angkat besi, dan Jung Joon Hyung (pemain Nam Joo Hyuk) yang berlatih untuk menjadi perenang. Keduanya mulai menjalin pertemanan karena sebuah insiden, dan jatuh hati pada satu sama lain.

Weightlifting Fairy Kim Bok JooWeightlifting Fairy Kim Bok Joo Foto: dok. MBC

Drama Korea ini menyinggung isu kesehatan mental dengan memperlihatkan sisi lain Bok Joo yang ceria. Ia mengalami depresi saat memikirkan berat badan dan ambisinya. Namun, Joon Hyung membantunya untuk menemukan kebahagiaan dalam dirinya sendiri.

10. Beautiful Love Wonderful Life
Pemain: Seol In Ah, Kim Jae Young
Layanan: Viu

Beautiful Love Wonderful Life mengikuti kisah tiga keluarga yang saling berhubungan dengan satu sama lain. Keluarga utama yang terdiri dari tiga anak perempuan memiliki berbagai masalah dalam pernikahannya. Mereka saling mengandalkan satu sama lain untuk melewatinya masalahnya.

Beautiful Love Wonderful LifeBeautiful Love Wonderful Life Foto: dok. YouTube KBS World

Kim Chung Ah (pemain Seol In Ah) mengalami masa sulit, namun anggota keluarganya tak menyadarinya. Ia mengidap depresi karena diintimidasi di sekolah dan mencoba bunuh diri. Chung Ah akhirnya menemukan harapan untuk hidup setelah bertemu Goo Joon Hwi (pemain Kim Jae Young).

11. Secret Garden
Pemain: Ha Ji Won, Hyun Bin
Layanan: Netflix

Drama Korea ini memperlihatkan masalah kesehatan mental yang dialami Hyun Bin sebagai Kim Jun Won. Ia memiliki trauma di masa lalu yang membuatnya mengidap claustrophobia akut. Jun Won merasa takut untuk naik lift dan melewati terowongan saat mengemudi.

Secret GardenSecret Garden Foto: dok. Netflix

Secret Garden mengisahkan pertemuan Kim Jun Won yang merupakan CEO sebuah department store dengan Gil Ra Im (pemain Ha Ji Won) yang berprofesi sebagai stuntwoman. Seiring waktu, Ra Im menjadi alasan utama Jun Won menemukan kedamaian dalam dirinya.

12. Clean with Passion for Now
Pemain: Kim Yoo Jung, Yoon Kyun Sang
Layanan: Netflix

Clean with Passion for Now mengikuti kehidupan Jung Sun Gyeol (pemain Yoon Kyun Sang), seorang CEO perusahaan jasa pembersihan yang mengidap germaphobe. Ia bertemu dengan Gil Oh Sol (pemain Kim Yoo Jung) yang kurang bersih dan memperdulikan penampilannya. Keduanya saling membenci, namun akhirnya mulai jatuh cinta.

clean with passion for nowClean with Passion for Now Foto: Istimewa

Dalam drama Korea ini, karakter Sun Gyeol menderita OCD akut karena trauma di masa lalu. Sejak itu, ia menjadi germaphobe dan hal itu menghalanginya untuk menjalin hubungan asmara. Kehadiran Oh Sol menantang Sun Gyeol untuk berubah dan sembuh dari gangguan kesehatan mental.

13. Hyde Jekyll Me
Pemain: Hyun Bin, Han Ji Min
Layanan: Netflix

Hyde Jekyll Me mengisahkan pertemuan seorang CEO taman hiburan Gu Seo Jin (pemain Hyun Bin) dengan aktris sirkus Jang Ha Na (pemain Han Ji Min). Seo Jin tampak sempurna dari segi penampilan, namun sebenarnya berjuang dengan dissociative identity disorder. Saat jantungnya berdebar, kepribadiannya akan berubah menjadi lembut, berbeda dari Seo Jin yang dingin.

Hyde Jekyll MeHyde Jekyll Me Foto: Istimewa

Drama Korea bertema kesehatan mental ini memperlihatkan keinginan Seo Jin untuk sembuh setelah bertemu Ha Na. Ia akhirnya menemukan keberanian untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan menghilangkan trauma yang menganggunya selama 15 tahun.

14. Still 17
Pemain: Yang Hye Jong, Shin Hye Sun
Layanan: Netflix

Still 17 yang dikenal pula dengan judul Thirty but Seventeen, mengisahkan Gong Woo Jin (pemain Yang Se Jong) yang berubah setelah mengalami kecelakaan tragis. Ia merasa kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, akhirnya bertemu Woo Seo Ri (pemain Shin Hye Sun) yang bangun dari koma setelah 13 tahun.

Drama Korea Still 17Drama Korea Still 17 Foto: Dok. SBS

Woo Jin dan Seo Ri mengalami insiden traumatis yang sama saat SMA dan berumur 17 tahun. Hal itu mempengaruhi kehidupan mereka dengan cara yang berbeda. Setelah bertemu kembali dengan Seo Ri, Woo Jin sadar bahwa wanita itu dapat membantunya mengatasi trauma.

15. My Mister
Pemain: Lee Sun Kyun, IU
Layanan: Netflix

Drama Korea My Mister memperlihatkan masalah kesehatan mental yang dialami IU sebagai Lee Ji An. Ia kerap mengalami kemalangan dan hal baik jarang terjadi dalam hidupnya. Hidup Ji An berubah setelah bertemu dengan Park Dong Hoon (pemain Lee Sun Gyun), pekerja kantoran yang mencoba membantunya tanpa pamrih.

My Mister, drama Korea yang bikin nangis.My Mister Foto: istimewa

Karakter Ji An melakukan berbagai pekerjaan paruh waktu untuk merawat neneknya yang sakit. Ia mengalami depresi dan tidak menemukan kebahagiaan dalam hidupnya. Dengan bimbingan Dong Hoon, Ji An mulai memandang dunia dengan cara yang berbeda.

16. Heart to Heart
Pemain: Choi Kang Hee, Chun Jung Myung

Heart to Heart mengikuti kisah Cha Hong Do (pemain Choi Kang Hee) yang memiliki social anxiety akut. Ia tak bisa menatap mata orang lain tanpa tersipu, dan mempelajari segala hal dalam hidupnya dengan membaca. Namun, saat neneknya meninggal, Hong Do terdorong untuk menjelajah dunia.

Heart to HeartHeart to Heart Foto: dok. tvN

Hong Do tak memiliki keinginan untuk sembuh, hingga akhirnya bertemu psikater Go Yi Seok (pemain Chu Jung Myung). Ia membuat Hong Do lebih berani dan percaya diri. Drama Korea ini memperlihatkan kesabaran Yi Seok saat menangani masalah kesehatan mental Hong Do.



Simak Video "Dampak Body Shaming Terhadap Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)