16 Drama Korea yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental, Bikin Mewek (Bagian 1)

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 13 Jul 2021 12:45 WIB
Drama Korea yang Mengangkat Isu Kesehatan Mental It's Okay to Not Be Okay. Foto: dok. tvN
Jakarta -

Sejumlah drama Korea mengangkat isu kesehatan mental untuk meningkatkan kesadaran penontonnya. Tak hanya menjadi wadah edukasi, deretan drama Korea ini juga menghibur karena dikemas dengan genre komedi romantis. Apa saja drama Korea yang menyinggung isu kesehatan mental?

Kesehatan mental bukan hal tabu untuk dibicarakan dalam drama Korea. Semakin banyak pula sutradara dan penulis naskah yang tergerak untuk mengangkat isu ini. Terbaru, ada It's Okay to Not Be Okay yang memperlihatkan perjuangan karakternya untuk sembuh dari trauma dan menjaga kesehatan mental.

Berikut bagian pertama dari 16 drama Korea yang mengangkat isu kesehatan mental:

1. It's Okay to Not Be Okay
Pemain: Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, Oh Jung Se
Layanan: Netflix

It's Okay to Not Be Okay adalah drama Korea yang membahas masalah kesehatan mental dan berbagai jenis penyakit mental. Sejumlah karakter memiliki trauma dari masa kecil, membuat mereka mengalami tekanan emosional sebagai orang dewasa.

Its Okay to Not Be OkayIt's Okay to Not Be Okay Foto: Dok. Netflix

Moon Kang Tae (pemain Kim Soo Hyun) bekerja sebagai perawat di rumah sakit jiwa. Dalam sebuah kesempatan, ia bertemu dengan penulis buku dongeng populer Go Moon Young (pemain Seo Ye Ji) dan menderita antisocial personality disorder.

Moon Young menyukai Kang Tae dan berambisi untuk memenangkan hatinya. Namun, Kang Tae tak dapat menjalin hubungan asmara karena mengabadikan diri untuk merawat kakak laki-lakinya Moon Sang Tae (pemain Oh Jung Se) yang autis.

2. Soul Mechanic
Pemain: Shin Ha Kyun, Jung So Min, Tae In Ho
Layanan: Viu

Soul Mechanic mengisahkan Lee Si Joon (pemain Shin Ha Kyun), seorang psikiater yang berusaha menyembuhkan pasiennya dengan berbagai cara. Ia kemudian bertemu dengan aktris musikal Han Woo Joo (pemain Jung So Min) yang mengalami gangguan emosional.

Fix You Soul MechanicSoul Mechanic Foto: Istimewa

Si Joon berinisiatif untuk berada di samping Woo Joo, guna membantunya melupakan trauma di masa lalu. Dengan perhatian Si Joon, Woo Joo dapat menemukan kekuatan untuk berdamai dengan masa lalu. Ia pun menemukan healing dalam cintanya pada Si Joon.

3. It's Okay That's Love
Pemain: Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Sung Dong Il, Lee Kwang Soo, D.O EXO
Layanan: Netflix

It's Okay That's Love mengisahkan pertemuan penulis novel populer Jang Jae Yeol (pemain Jo In Sung) dan psikiater Ji Hae Soo (pemain Gong Hyo Jin) yang membenci satu sama lain. Namun, saat Hae Soo mengetahui rumah yang ia tempati adalah milik Jae Yeol, ia harus bertahan dengan sikapnya yang arogan.

It's Okay That's LoveIt's Okay That's Love Foto: dok. Netflix

Terlepas dari kebencian satu sama lain, Jae Yeol dan Hae Soo menemukan keduanya sangat mirip karena memiliki trauma di masa lalu. It's Okay That's Love menjadi salah satu drama Korea yang paling berkaitan dengan kesehatan mental dan menampilkan perjalanan karakternya untuk sembuh.

4. Flower Boy Next Door
Pemain: Park Shin Hye, Yoon Shi Yoon, Kim Ji Hoon
Layanan: Viu

Flower Boy Next Door mengikuti kehidupan Go Dok Mi (pemain Park Shin Hye), gadis introvert yang menghabiskan hari-harinya untuk menghindari orang dengan cara apa pun. Ia hampir tak meninggalkan apartemen, karena memiliki gangguan social anxiety.

Drama Korea yang Mengangkat Isu Kesehatan MentalFlower Boy Next Door Foto: dok. tvN

Namun, saat Enrique Geum (pemain Yoon Shi Yoon) memergokinya menguntit tetangga, keadaan mulai berubah. Ia tak dapat mengindari Enrique yang terbuka dan blak-blakan. Dok Mi pun menantang dirinya untuk keluar dari rumah dan menangani masalah kesehatan mentalnya.

5. Kill Me, Heal Me
Pemain: Ji Sung, Hwang Jung Eum, Park Seo Joon
Layanan: Viu

Kill Me Heal Me mengisahkan Cha Do Hyun (pemain Ji Sung) yang menderita multiple personality disorder karena kejadian traumatis di masa lalu. Ia memiliki tujuh kepribadian, dan salah satunya jatuh cinta dengan Oh Ri Jin (pemain Hwang Jung Eum).

Kill Me, Heal MeKill Me, Heal Me Foto: istimewa

Drama Korea ini mengangkat isu kesehatan mental Cha Do Hyun dengan cara yang ringan dan lucu. Karakter Ji Sung menunjukkan kegigihan dalam menyikapi masalahnya. Ia mencoba mencari tahu penyebab dan cara menyembuhkannya.

6. Chocolate
Pemain: Ha Ji Won, Yoon Kye Sang, Jang Seung Jo
Layanan: Netflix

Drama Korea Chocolate mengikuti kehidupan Lee Kang (pemain Yoon Kye Sang) dan Moon Cha Young (pemain Han Ji Won) yang mengalami insiden di usia muda. Keduanya bertemu kali saat Lee Kang sukses sebagai ahli bedah otak dan Moon Cha Young berprofesi sebagai koki.

Drama Korea yang Mengangkat Isu Kesehatan MentalDrama Korea Chocolate Foto: dok. JTBC

Setiap kali menghadapi situasi yang triggering, Cha Young akan mengalami panic attack yang akut hingga pingsan. Saat bertemu Lee Kang, ia menyadari peristiwa apa yang telah dikuburnya dan mencari cara untuk berdamai agar bisa menjalani hidup dengan bebas.

7. SKY Castle
Pemain: Kim Seo Hyung, Oh Na Ra, Yum Jung Ah
Layanan: Netflix

SKY Castle adalah drama Korea yang berlatar di lingkungan elit bernama SKY Castle. Terdapat empat keluarga yang rela melakukan apa pun untuk memastikan anak-anak mereka masuk ke universitas kenamaan.

sky castleSKY Castle Foto: Instagram @jtbcdrama

Salah satu poin yang ditampilkan dalam SKY Castle adalah tekanan yang dihadapi para siswa SMA agar berprestasi secara akademis. Dorongan kuat dari orang tua yang ambisius, membuat anak-anak mengalami gangguan kesehatan mental seperti depresi.

8. Just Between Lovers
Pemain: Lee Jun Ho, Won Jin Ah, Kang Hanna
Layanan: Hulu

Just Between Lovers yang dikenal pula dengan judul Rain or Shine, mengisahkan kecelakaan tragis yang menimpa Lee Kang Doo (pemain Jun Ho) dan Ha Moon Soo (pemain Won Jin Ah). Keduanya bertemu kembali saat beranjak dewasa, dan jatuh cinta saat bekerja di lokasi konstruksi.

Drama Korea yang Mengangkat Isu Kesehatan MentalJust Between Lovers Foto: dok. JTBC

Lee Kang Doo dan Ha Moon Soo terlibat dalam kecelakaan yang merenggut harapan dan impian mereka. Dengan bantuan satu sama lain, keduanya dapat menemukan cara untuk sembuh dari trauma dan menjaga kesehatan mental.



Simak Video "Saat Politisi hingga Pemerintah Korea Selatan Soroti Drakor D.P."
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)