Gara-gara Spoiler Film, 3 YouTuber Ditangkap Polisi

Hestianingsih - wolipop Senin, 05 Jul 2021 13:45 WIB
Vlogging Ilustrasi YouTuber. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Hati-hati memberikan spoiler film di media sosial, karena bisa membuat kamu berurusan dengan hukum. Lebih parah lagi, kamu bisa dipenjara karenanya.

Belum lama ini tiga orang ditangkap kepolisian Jepang karena memberi bocoran atau spoiler tentang film yang baru saja tayang. Spoiler tersebut diunggah ke sejumlah channel YouTube yang menjelaskan tentang kesimpulan dan akhir dari film tersebut.

Ketiganya dianggap telah melanggar hak cipta karena mereka menggunakan potongan-potongan cuplikan dari film tersebut. Cuplikan disatukan hingga menjadi semacam film pendek berdurasi 10 menit yang merangkum seluruh isi dan jalan cerita film.

Seperti dilaporkan TechNadu, pihak produsen dan pemegang hak cipta film merasa dirugikan dengan tersebarnya video spoiler itu di YouTube. Keberadaan video tersebut ditakutkan bisa berpengaruh terhadap angka penjualan tiket. Sebab nantinya konsumen akan lebih memilih melihat spoiler ketimbang menonton filmnya secara penuh.

Penangkapan dilakukan berdasarkan amandemen terbaru dari aturan tentang hak cipta yang dirumuskan pada awal 2021 ini. Namun belum diketahui jenis hukuman seperti apa yang akan dijatuhkan pada ketiga pelaku.

Namun yang jelas pelanggaran terhadap hak cipta merupakan tindak kejahatan serius di Jepang. Jika terbukti bersalah, pelakunya bisa terancam denda hingga hukuman penjara.

Selain itu produsen film juga bisa menuntut kompensasi yang didapat YouTuber dari monetasi iklan karena penayangan spoiler tersebut. Hingga berita ini diturunkan, judul film yang dipermasalahkan belum dirilis oleh kepolisian.



Simak Video "Proyek Film dan Drama Terbaru Song Joong Ki yang Patut Dinantikan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)