Liputan Khusus Viral karena Hujatan

Nasib YouTuber Setelah Viral Dihujat karena Persoalkan Kata Anjay

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 02 Nov 2020 11:10 WIB
Lufti Agizal Lutfi Agizal. Foto: Youtube
Jakarta -

YouTuber Muhamad Lufti Agizal pernah mengunggah sebuah video yang menghebohkan publik. Dia mempermasalahkan kata 'anjay' yang dianggapnya berkonotasi buruk. Sejak saat itu namanya pun menjadi sasaran hujatan dan viral di berbagai media sosial.

Bagaimana nasib Lutfi Agizal setelah viral lewat jalur hujatan? Lutfi mengaku dia sama sekali tidak pernah mengira videonya yang mempermasalahkan kata 'anjay' akan menjadi viral dan membuatnya dihujat.

"Sangat tidak pernah prediksi. Dari 2014-2020 aku sudah di entertaiment, baru kali ini meletupnya sampai segininya. Sampai portal news itu memperhatikan aku selama tujuh hari lebih," ucapnya saat dihubungi Wolipop belum lama ini.

Anak bungsu dari empat orang bersaudara ini pun merasakan dampaknya setelah viral. Menurutnya saat berada di publik, orang-orang yang mengetahui tentangnya, jadi berubah sikap padanya.

"Dampaknya sih saat aku keluar, aku merasa orang berubah reaksinya ketika melihatku. Mungkin kayak mengenal, ada perubahan yang sebelumnya belum pernah terjadi. Nggak sebanyak sekarang. Saat ini kaum milenial atau orang yang bermain media sosial, ketika melihat aku kayak ada perubahan sikap gitu," kata Lutfi.

Lufti AgizalLutfi Agizal Foto: Youtube

Setelah viral lewat jalur hujatan karena mempermasalahkan kata anjay, Lutfi juga mengalami perubahan nama. Dia kini dikenal sebagai Lutfi Anjay. Mendapat julukan Lutfi Anjay, mantan kekasih putri Iis Dahlia itu memilih tak ambil pusing.

"Ya, bagaimana ya itu lah semua mengalir dengan begitu saja. Tapi yang paling penting, mau kita melakukan sesuatu yang positif atau negatif yang penting kita harus selalu bertanggung jawab," ujarnya.

Pria yang tinggal di Depok, Jawa Barat ini menegaskan saat dulu membuat video yang membahas penggunaan kata 'anjay, dia ingin berbagai konten edukasi. Sebagai seorang sarjana lulusan jurusan psikologi, dia khawatir dampak penggunaan kata anjay pada anak-anak.

"Meskipun aku dihujat atau dicap 'Lutfi yang Anjay' ya sudah aku tanggungjawab dengan hal itu dan aku akan tunjukkan, Lutfi itu bukan hanya anjay. Ada hal-hal yang lain kalian bisa akan tahu. Nanti akan aku lakukan itu ke depannya. Itu semua nggak mungkin aku lakukan kalau, aku selalu terundung dan tidak terima dengan bullyan atau hujatan. Dan sekarang semangat untuk beruah," tuturnya.

Mengenai netizen yang membanjirinya dengan hujatan bahkan berkata-kata kasar, Lutfi belum akan melakukan tindakan apapun. Namun dia memperingatkan netizen agar tidak menghujat keluarganya, cukup dirinya saja. ia pun menyebutkan belum pernah menindak tegas netizen di media sosial.

"Ketika kamu menghujat keluargaku itu adalah hujatan yang salah. Ketika itu terjadi, aku peringatkan satu kali, dua kali, masih diabaikan, dan terpaksa harus menempuh jalur hukum. Karena hujatan kalian sudah tidak tepat sasaran. Kalau sudah kelewatan pasti harus menegur. Dua kali menegur sudah cukup menurutku, kalau masih terus dilakukan dengan cara yang lain (polisi)," sambungnya.

Lutfi mengaku hingga saat ini masih menerima hujatan. Oleh karena itu dia berharap netizen bisa move on dari aksi menghujat dirinya.

"Don't judge people by one issue atau satu hal. Jangan pernah menilai orang dari satu kesalahan saja. Itu tidak pantas untuk mengecap seseorang, bahwa orang itu adalah apa yang kamu ucapkan. Ketika orang mau menilai saya, coba cari tahu dulu kebaikan apa saja yang pernah aku lakukan, bukan kesalahan apa yang aku lakukan. Ketika kalian terbiasa menghujat seseorang, belum tentu hatinya kuat seperti aku," jelasnya.



Simak Video "Didiet Maulana Rancang Busana untuk Awak Kabin Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)