Fan Bingbing Tuntut Wanita yang Mirip dengannya, Dianggap Ambil Untung

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 11 Jun 2021 18:30 WIB
Fan Bingbing disebut menghilang. Foto: Dok. Instagram/bingbing_fan
Jakarta -

Fan Bingbing dilaporkan telah menuntut salah satu 'fans'nya. Wanita itu dianggap mengambil untung dari kemiripan wajah mereka. Adalah Chen Xinling, selebgram yang dikenal sebagai 'kembaran' aktris terpopuler China itu di media sosial. Sering mempromosikan produk di live streaming, ia pun disebut mencari uang dengan penampilan Fan Bingbing.

Chen Xinling baru-baru ini kena masalah karena kemiripan wajahnya dengan Fan Bingbing. Influencer yang mengaku penggemar dari pemain X-Men: Days of Future Past tersebut malah dianggap cari untung oleh idolanya. Pihak Bingbing menuding jika Chen Xinling menggunakan wajah dan namanya untuk menjual produk dan perawatan kecantikan secara online. Xinling pun diminta untuk membayar kompensasi dan minta maaf selama dua bulan, dan beberapa tuntutan lain.

Chen Xinling diketahui menggunakan nama Fan Yebing untuk akun streaming-nya yang mirip dengan nama Fan Bingbing. Ia pun sering terlihat dengan gaya serupa wanita 39 tahun tersebut sehingga penampilan mereka semakin mirip.

Chen XinlingChen Xinling Foto: Dok. Chen Xinling/SCMP

Xinling sendiri tampaknya kecewa dengan tuntutan yang telah berlangsung sejak tahun lalu itu. Ia menilai jika di luar sana banyak wanita lain yang menggunakan kemiripan mereka dengan Fan Bingbing di media sosial tapi tidak dilirik. Menurutnya hal itu karena dia lah yang paling terkenal dibanding yang lain.

Wanita cantik itu pun berpikir bahwa bukan kemiripannya dengan Fan Bingbing yang membuatnya bisa punya banyak pengikut di situs steaming Taobao tapi kepribadiannya. "Aku ingat nama-nama dan ulang tahun dari fans-fans beratku,"

"Aku live streams rata-rata 10 jam sehari, selama 350 hari dalam setahun. Tidak seperti influencer lain yang punya tim yang membantu mereka, aku hanya punya satu asisten. Aku harus melakukan riset online mengenai produk selama berjam-jam setiap hari karena influencer lain yang kurang terkenal sepertiku harus secara verbal mempromosikan produk selama setengah jam hingga satu jam sebelum laku. Aku harus menyelingi penjualanku dengan bicara tentang hidup agar tidak terlalu komersil," ujarnya dilansir SCMP.

Karena tuntutan itu, sejak September 2020 Chen Xinling mulai menjauhkan diri dari imej wanita dengan bayaran tertinggi di China itu. Ia mengganti nama bahkan melakukan operasi plastik agar tidak terlalu mirip lagi dengan Bingbing.

(ami/ami)