Kontes Kecantikan untuk Sipir Penjara Digelar di Rusia, Jadi Kontroversi

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 10 Jun 2021 18:40 WIB
Miss Penal System Contest 2021 Foto: Dok. Miss Penal System Contest 2021
Jakarta -

Baru-baru ini, sebuah kontes kecantikan unik diadakan di Rusia yang para pesertanya adalah sipir-sipir penjara. Acara tersebut pun mengundang perhatian bukan hanya karena belum pernah digelar sebelumnya tapi juga dianggap kurang pantas. Sejumlah aktivis menuding ajang Miss Penal System Contest 2021 itu telah mengobjektifikasi wanita.

Miss Penal System Contest 2021 membuka pendaftaran bagi para wanita yang ingin jadi 'ratu' sipir penjara. Dilansir Dailymail, para kandidat yang ingin mendaftar diminta untuk mengirimkan video pendek selagi menari, menunjukkan pesona sekaligus mempromosikan kecantikan daerah masing-masing juga berpura-pura adalah mereka adalah obyek museum.

kontes kecantikan sipir penjarakontes kecantikan sipir penjara Foto: Dok. Miss Penal System Contest 2021

Para peserta juga diminta untuk mengunggah dua jenis foto yaitu saat sedang memakai seragam sipir penjara dan gaun malam. Dari foto dan video yang diunggah, mereka akan dinilai oleh para juri. Hal lain yang menjadi bahan pertimbangkan untuk memilih pemenang adalah hasil polling dari netizen.

Kontes kecantikan itu pun diprotes oleh aktivis wanita salah satunya Nastya Krasilnikova. Menurutnya acara tersebut menyedihkan karena mendorong orang untuk melihat para kontestan hanya sebagai obyek yang bisa dikagumi dengan cara yang tidak pantas.

"Mengapa objektifikasi itu tidak baik? Karena itu mengajarkan orang untuk memperlakukan wanita sebagai objek bukan sebagai makhluk hidup. Seorang obyek yang bisa dikagumi, boleh dijadikan objek nafsu, tapi itu sama sekali tidak menarik, itu menyedihkan dan pahit," katanya dilansir Dailymail.

kontes kecantikan sipir penjarakontes kecantikan sipir penjara Foto: Dok. Miss Penal System Contest 2021

Kini para peserta yang masuk tahap selanjutnya sudah diumumkan dan para netizen bisa memilih siapa sipir cantik favorit mereka. Salah satu yang diunggulkan adalah Letnan Senior Anastasia Okolelova yang mengaku sudah bercita-cita memakai seragam berlencana di pundak dan bekerja di penjara sejak kecil.

Adapun Kapten Ekaterina Vasilieva yang sebenarnya ingin menjadi model tapi memutuskan untuk mengikuti tradisi keluarga untuk bekerja sebagai sipir penjara generasi ketiga. Ia pun punya keahlian lain yakni sebagai penunggang kuda.

Adapun Letnan Diana Sat yang beberapa hari ini memimpin perolehan suara. Ia mengaku jadi sipir penjara tahun lalu setelah lulus dari kuliah jurusan hukum. Babak final acara itu sendiri akan digelar di Moscow pada Jumat malam minggu ini.

kontes kecantikan sipir penjarakontes kecantikan sipir penjara Foto: Dok. Miss Penal System Contest 2021


(ami/ami)