Cerita Istri Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Soal Makanan Favorit Suami

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 08 Mei 2021 15:10 WIB
Siti Atiqoh Supriyanti, istri dari Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah. Foto Siti Atiqoh, istri Ganjar Pranowo. Foto: Dok. Instagram @atikoh.s.
Jakarta -

Menjalani peran sebagai seorang istri pejabat memang tak mudah. Ada cerita suka dan duka yang dialami para istri pejabat ketika mendampingi suami menjalankan tugasnya.

Di balik kesibukkannya, para istri pejabat Tanah Air ini mengungkapkan tetap meluangkan waktu untuk memasak makanan kesukaan suaminya saat berada di rumah. Para pejabat tersebut ada yang cukup dengan makanan sederhana dan kerupuk bisa langsung lahap menyantap makanan.

Pengalaman tersebut diceritakan oleh Siti Atiqoh Supriyanti sebagai istri dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar sudah dua kali menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, pertama pada periode 23 Agustus 2013 hingga 23 Agustus 2018 dan kedua, untuk periode 2018-2023.

Potret Siti Atiqoh Supriyanti dan Ganjar PranowoPotret Siti Atiqoh Supriyanti dan Ganjar Pranowo Foto: Dok. Instagram @atikoh.s.

Ketika Ganjar berada di rumah, Siti mengungkapkan jika menu makan Ganjar tidak sulit dan simple. Akan tetapi jadwal suaminya yang padat membuat keduanya tak bisa sering makan bersama.

"Kalau katanya mas Ganjar bilang, kalau saya yang masak cuman nasi garam saja langsung dimakan. Cuman kan masalahnya jarang makan di rumah. Pagi-pagi bisa makan di rumah, kalau siang sudah ke mana-manna. Kalau malam bisa bareng atau tidak," ujar Ganjar.

Siti bersyukur selama bulan suci Ramadhan ini bisa sahur dan berbuka puasa bersama dengan suami. Pada saat makan bersama ini, sang suami tak menuntut santapan yang macam-macam.

"Tapi Alhamdulillah selama buka puasa dan mau pun sahur bisa bareng. Dia makannya gampang yang penting ada sayur dan kerupuk juga beres," tuturnya sambil tersenyum ramah.

Anies Baswedan dan istri, Fery FarhatiAnies Baswedan dan istri, Fery Farhati Foto: Instagram @fery.farhati

Sama seperti Siti, pengalaman serupa juga dialami oleh Fery Farhati, S.Psi, M.Sc. istri dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Fery dan Anies bisa sanntap sahur bersama di rumah.

"Selama puasa ini Alhamdulillah sahurnya bisa bareng, kalau buka mungkin masih ada di kantor. Tapi sahur pasti bareng, salat subuh kita usahakan selalu bareng terus," kata wanita yang telah melahirkan empar anak yaitu empat orang anak yaitu Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan itu.

Menikah dengan Anies pada 11 Mei 1996, Fery menyebutkan menu kesukaan sang suami. "Kalau makanan dia paling suka masak kecap dan sayur lodeh. Kalau dikasih sambal dan tempe goreng udah deh. Kalau menu puasa begitu saja," tutur Fery.

Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Foto: Dok. Instagram @budigsadikin.

Cerita terakhir ada Ida Rachmawati, istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Nama Budi terpilih menggantikan Terawan, saat Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Ida menjelaskan jika sang suami sedang berada di rumah. Menyukai makanan dan jajanan tradisional jika usai olahraga bersepeda bersama.

"Karena kita senang makan, biasanya kalau lagi gak puasa habis olahraga itu kita mampir ngopi-ngopi kalau saya kan suka makanan tradisional kita makan bakso. Yang sederhana dan simple gitu," pungkasnya.

Ida Rachmawati, istri Budi Gunadi SadikinIda Rachmawati, istri Budi Gunadi Sadikin Foto: Dok. Pribadi
(gaf/eny)