Liputan Khusus Suka Duka Jadi Istri Pejabat

Arumi Bachsin Jadi Istri Pejabat: Jangan Suka Menuntut Suami

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 02 Mei 2021 13:00 WIB
Arumi Bachsin yang jadi isteri pejabat. Arumi Bachsin istri Wagub Jawa Timur Emil Dardak. Foto: Dok. Instagram @arumibachsin_94.
Jakarta -

Arumi Bachsin dikenal sebagai aktris, pemain film dan model. Pada 30 Agustus 2013, ia menikah dengan Emil Elestianto Dardak yang terjun ke dunia politik. Kini Arumi pun menjabat sebagai ibu Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 setelah suaminya terpilih sebagai wakil dari Gubernur Jawa Timur Khofifah.

Saat menikah, usia Arumi dan Emil terpaut 10 tahun. Meski demikian perbedaan usia tak menjadi penghalang keharmonisan pasangan yang sudah dikaruniai dua anak itu.

Menyandang status sebagai seorang istri pejabat, penampilan Arumi terlihat lebih sederhana dan elegan. Dan kini kegiatannya tak lagi berhubungan dengan dunia keratisan. Wanita 27 tahun itu disibukkan dengan kegiatan sosial, salah satunya sebagai Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur periode 2019-2024. Ia pun aktif memberikan penyuluhan, melaksanakan kegiatan sosial, mengadakan pembinaan dan masih banyak lagi.

Foto acara Dari Kartini untuk IndonesiaFoto acara Dari Kartini untuk Indonesia Foto: dok. Detikcom

Aktivitasnya yang padat, artis sinetron Azizah ini menceritakan pengalaman yang tak bisa ia lupakan selama menjadi istri pejabat. Ia mengaku telah mendapatkan berbagai kesempatan yang sebelumnya belum pernah ia rasakan.

Salah satu pengalaman yang tidak bisa terlupakan adalah saat mendampingi suaminya baru-baru ini mengunjungi keluarga awak kapal selam KRI Nanggala-402. Arumi Bachsin memberikan dukungan dan juga semangat untuk keluarga yang ditinggalkan.

"Ini belum lama baru kemarin soal KRI Nanggala-402, istri-istrinya banyak berasal dari Jawa Timur. Dari 53 oranga awak kapal, 47 orang ada di Jawa Timur dan rumahnya tidak berjauhan, seperti Sidorajo dan Surabaya. Kemarin dengan ibu panglima Angkatan Laut, Ibu Ketua Umum Jalasenastri (nama organisasi para istri perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut). Saya mendampingi untuk bisa menjenguk para istri awak kapal selam yang ditinggalkan," ungkap Arumi Bachsin saat webinar Wanita Hebat di Balik Pria Hebat dalam acara 'Dari Kartini untuk Indonesia' yang diadakan oleh detikcom belum lama ini.

Dari Kartini untuk IndonesiaDari Kartini untuk Indonesia Foto: Dari Kartini untuk Indonesia

Ia menuturkan jika tidak menjadi isteri Emil, tidak ada pengalaman seperti itu. Dimana ia bisa merasakan kehilangan para keluarg awak kapal selam. Menurut Arumi ada banyak pengalaman-pengalaman lainnya, yang membuat hidupnya lebih berbeda dan lebih berwarna.

Cara Arumi Bachsin hadapi suami yang sedang stres karena pekerjaan

Arumi Bachsin yang memiliki darah Indonesia (Bengkulu-Palembang), Jerman dan Belanda itu menjelaskan trik jika suaminya dalam kondisi stres atau lelah usai menjalankan tugasnya. Yang pertama adalah memijat tubuh sang suami.

"Dilihat dulu moodnya separah apa? Apakah dengan memijat saja bisa? Karena beda mood itu ada lagi treatnya. Ada yang minta makan terus minta dimasakin juga senang," kata Arumi.

Arumi Bachsin yang jadi isteri pejabat.Arumi Bachsin yang jadi istri pejabat. Foto: Dok. Instagram @arumibachsin_94.

Arumi mengaku jika suaminya sudah bad mood banget dan sampai tidak nafsu makan, dia hanya menemani dan mendengarkan keluh kesah suaminya menghadapi sebuah permasalahan.

"Akhirnya ditemani saja pada saat dia bad mood. Kadang kita tidak usah ngapa-nagapain, yang penting kita mendengarkan saja masalahnya apa saja.Sampai dia mengeluarkan semua urusannya, kadang-kadang saya kan nggak mengerti ya apa urusannya bapak-bapak ini? Ada yang kita ngerti dan tidak, tapi ya didengerin saja menjadi pendengar yang baik," jelas Arumi sambil tersenyum ramah.

Ia pun rela tidur larut malam untuk menjadi pendengar yang baik untuk sang suami. Dan juga memberikan ketenangan untuk suaminya.

Arumi Bachsin yang jadi isteri pejabat.Arumi Bachsin yang jadi istri pejabat. Foto: Dok. Instagram @arumibachsin_94.

"Walau pun sudah malam, mengantuk, begadang kita tahu dia lagi membutuhkan support ya tetap kita temani dan mendengarkan.Ketika di rumah kita harus menjadi tempat sandaran aja, jangan jadi orang yang menuntut juga. Karena di luar sana kan sudah mendapatkan banyak desakan dan perintah," lanjut Arumi.

Di akhir wawancara, Arumi Bachsin menegaskan jika para wanita masa kini harus bisa mengembangkan diri. Sesuai dengan potensinya masing-masing. Agar bisa menjadi pendamping yang baik untuk pasangan dan juga keluarga.

"Menjadi wanita itu adalah sebuah anugerah karena wanita dilahirkan dengan kehangatan, kasih sayang dan juga bakat dan talenta. Menjadi wanita juga harus bisa mengaktualisasi diri, mengembangkan diri dari segi mana pun salah satunya pendidikan. Menjadi wanita harus bisa sukses juga bukan hanya untuk bersaing dengan para pria. Tapi untuk bisa menjadi partner yang sepadan oleh para pria. Maju terus buat para wanita dan untuk laki-laki ayo kita bermitra," tutupnya panjang lebar.

Arumi Bachsin yang jadi isteri pejabat.Arumi Bachsin yang jadi istri pejabat. Foto: Dok. Instagram @arumibachsin_94.
(gaf/eny)