Arti AU dan Istilah-istilah Lain yang Dipakai Anak Zaman Now di Twitter

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 05 Mei 2021 15:03 WIB
Vintage toned image of two young, Asian women, walking together, chatting, near Siam station on Bangkok Sukhumvit line. They’re wearing casual street style clothing, enjoying an afternoon together, texting on their cellphones. Foto: Getty Images/lechatnoir
Jakarta -

Sebagai media sosial berbasis tulisan, Twitter menjadi sarana banyak orang untuk berbagi cerita. Di sana, tak jarang muncul istilah-istilah asing yang jarang didengar dalam percakapan sehari-hari terutama jika kamu tidak terlalu aktif nge-tweet. Misalnya saja AU Twitter yang banyak ditemukan dalam fandom. Berikut 22 istilah atau arti singkatan yang sering digunakan di Twitter.

Mutual/Muatalan: Orang yang saling follow satu sama lain. Mutualan merupakan ajakan atau kata kerja untuk saling follow.

Flop: secara harfiah artinya gagal, di Twitter bisa diartikan sebuah tweet yang tidak sesuai ekspektasi atau tidak mencapai targetnya.

GA: Give Away, aksi berbagi kepada sesama pengguna Twitter biasanya dengan syarat-syarat tertentu

Dom: kependekan dari domisili untuk menunjukkan tempat tinggal seseorang

Ava: Foto profil yang sering kali menunjukkan ketertarikan mereka, misal Ava Korea artinya tergabung dalam fandom KPop.

Base: Sebuah akun yang didedikasin untuk membahas sebuah topik. Umumnya topik tersebut terkait dengan hobi atau kelompok tertentu.

Menfess: Mention Confess atau sebuah cuitan untuk mengungkap sebuah cerita atau pertanyaan terkait topik dari base.

Opfoll: Open Follow. Umumnya dalam base tidak semua orang bisa mengirimkan menfess atau cuitan. Mereka yang sudah di-follow lah yang dapat melakukannya. Karena itu, kadang dibuka sesi open follow.

Oot: Out of Topic, sesuatu yang diluar topik utama cuitan atau base.

Spill (spill the tea): dalam bahasa Indonesia artinya menumpahkan atau menumpuhkan teh, adalah istilah yang digunakan untuk mengungkap sesuatu yang belum diketahui banyak orang.

Thread: tweet berantai, identik dengan cuitan seseorang yang menceritakan sesuatu secara cukup panjang sehingga tidak cukup dijadikan satu tweet.

OOMF: One of My Followers

Scopatumana: istilah yang tren beberapa waktu lalu untuk menanyakan apa yang kamu pikirkan mengenai suatu topik.

Sambat: mengeluh atau keluhan

Jb-jb: Join bareng-join bareng, biasanya digunakan saat seseorang ingin ikut percakapan dengan orang lain yang tidak terlalu dikenal atau awalnya tidak masuk dalam percakapan.

Pap: post a picture ketika meminta seseorang memperlihatkan sesuatu melalui foto.

IRL: In Real Life, istilah yang digunakan untuk menampilkan berbedaan antara dunia online dan kenyataan.

Ff: Fanfiction, merupakan cerita yang dibuat fans biasanya didasarkan pada cerita film atau serial atau tokoh terkenal.

AU Twitter: AU artinya Alternate Universe, ketika sebuah cerita dibuat dengan dimensi yang berbeda dari yang seharusnya, misalnya saat saja para personel BTS digambarkan hidup di Indonesia. AU banyak dibagikan di Twitter.

Y/n: your name, dalam Fanfiction atau AU penulis mempersilahkan pembaca untuk melibatkan diri mereka dalam cerita. Nama mereka dituliskan sebagai y/n.

Angst: dalam bahasa Indonesia artinya cemas, tapi istilah ini sering digunakan sebagai genre cerita yang bisa dibilang menguras emosi.

Disclaimer: istilah yang merujuk pada peringatan sebelum pembaca membaca tulisan atau cerita penulis lebih jauh.

Itulah arti AU Twitter dan istilah-istilah lain yang sering ditemukan di Twitter.

(ami/ami)