Liputan Khusus Suka Duka Jadi Istri Pejabat

Ini Trik Istri Menkes dan Wagub Jatim Saat Suami Stres karena Pekerjaan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 05 Mei 2021 14:00 WIB
Arumi Bachsin dan Emil Dardak Foto: Dok. Instagram @arumibachsin_94.
Jakarta -

Ungkapan "behind a great man there's a great woman" atau di balik pria yang sukses, tentu saja ada sosok wanita hebat di belakangnya. Ungkapan tersebut cocok menggambarkan kisah para istri para pejabat Tanah Air.

Dalam program acara dengan tema Wanita Hebat di Balik Pria Hebat 'Dari Kartini untuk Indonesia' yang diadakan oleh detikcom baru-baru ini, empat istri pejabat Indonesia yaitu Arumi Bachsin (Istri Wakil Gubernur Jawa Timur), Fery Farhati (Istri Gubernur DKI Jakarta), Ida Rachmawati (Istri Menteri Kesehatan Indonesia), dan Siti Atiqoh Supriyanti (Istri Gubernur Jawa Tengah) berbagi pengalaman mereka. Termasuk cara bagaimana para istri pejabat ini membantu suami saat sedang stres karena pekerjaan.

Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan jika suaminya sudah merasa lelah beraktivitas dia akan melakukan aktivitas yang bisa membuat pria tersebut relaks. Dia akan memijat sang suami agar badannya lebih santai.

"Kalau sudah moodnya nggak enak ya nanti aku pijitin. Jadi kalau jurus pijatan semua ibu-ibu itu pasti punya buat suaminya kalau moodnya lagi nggak enak," kata Ida.

Selain dipijat, Ida juga punya cara lain untuk mengatasi stres. Biasanya dia dan Budi Gunadi Sadikin melakukan olahraga sepeda di sore hari, jika Menkes bisa pulang cepat dari kantor.

"Sore hari sambil ngabuburit sampai azan magrib kita pulang. Jadi lumayan bisa keluar keringat dan badan fresh lagi. Dan satu ya kalau moodnya hilang, dia itu kepengan kayak dipeluk aja begitu," ungkap Ida sambil tersenyum.

Ia mengatakan bagi suaminya, pelukan tersebut bisa mengeluarkan energi positif dan bisa meredakan stres. "Kita saling peluk erat dan agak mengurangi beban pekerjaannya yang ada saat itu," ujarnya.

Selain itu keduanya juga suka menghabiskan waktu dengan jajan atau menikmati kopi. "Karena kita senang makan, biasanya kalau lagi nggak puasa habis olahraga itu kita mampir ngopi-ngopi kalau saya kan suka makanan tradisional kita makan bakso. Yang sederhana dan simple gitu," jelasnya.

Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.Ida Rachmawati yang merupakan istri Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Foto: Dok. Instagram @budigsadikin.

Cara yang berbeda dilakukan oleh Arumi Bachsin, istri Emil Elestianto Dardak yang terjun ke dunia politik. Kini Arumi pun menjabat sebagai ibu Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024. Setelah suaminya terpilih sebagai wakil dari Gubernur Jawa Timur Khofifah.

"Dilihat dulu moodnya separah apa? Apakah pijatan saja bisa? Karena beda mood itu ada lagi treatnya. Ada yang minta makan terus minta dimasakin juga senang. Kadang-kadang kalau Mas Emil sudah bad mood banget dan sampai tidak nafsu makan," ucap Wanita 27 tahun itu.

Arumi Bachsin yang jadi isteri pejabat.Arumi Bachsin yang jadi istri pejabat. Foto: Dok. Instagram @arumibachsin_94.

Saat Emil sudah bad mood, Arumi Bachsin berusaha menjadi pendengar yang baik saat sang suami bercerita dan mengungkapkan segala permasalahannya. Arumi bahkan rela begadang demi menjadi tempat curhat suaminya.

"Akhirnya ditemani saja pada saat dia bad mood, kadang kita tidak udah ngapa-nagapain, yang penting kita mendengerkan masalahnya apa saja. Sampai dia mengeluarkan semua urusannya, kadang-kadang saya kan nggak mengerti ya apa urusannya bapak-bapak ini? Ada yang kita ngerti dan tidak, tapi ya didengerin saja menjadi pendengar yang baik. Walau pun sudah malam, mengantuk, begadang kita tahu dia lagi membutuhkan support ya tetap kita temani dan mendengarkan," tutur Arumi panjang lebar.

Ia memberikan pesan bagi para istri lainnya. Jika suami mengalami stres karena tekanan dari pekerjaan atau hal lainnya lainnya, para istri di rumah harus memberikan dukungan.

"Ketika di rumah kita harus menjadi tempat sandaran aja, jangan jadi orang yang menuntut juga. Karena di luar sana kan sudah mendapatkan banyak desakan dan perintah," pungkasnya.

Arumi BachsinArumi Bachsin Foto: Rengga Sancaya
(gaf/eny)