Ini Pria Tulungagung yang Viral Bikin Ngakak Saat Cosplay Jadi Pemain Drakor

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 14 Apr 2021 08:00 WIB
Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty. Gaya Ogi yang menirukan gaya Han Seo Jun. Foto: Dok.Instagram @bobocu.id.
Tulungagung -

Pria Indonesia yang bisa meniru gaya karakter Han Seo Jun dalam drama Korea True Beauty ini viral. Ia awalnya memakai kaus abu-abu, penampilannya berubah drastis dan bikin takjub setelah memakai masker.

Ialah Yogi Hadi Wibowo lewat akun TikToknya @bobocu.id yang menjadi viral setelah menjawab tantangan dari salah satu pengikutnya untuk bergaya formal. Sebelumnya ia kerap mengunggah video OOTD Korean style.

"Coba pake style yang formal gitu kak._." tulis akun @tavisha00 yang meminta Yogi bergaya formal.

Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty.Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty. Foto: Dok.Instagram @bobocu.id.

Yogi pun menjawab tantangan itu dengan mengunggah video berpose di depan kaca, dilengkapi dengan handphone dan tripod agar dapat mengabadikan momen. Dia tampil dengan kaus abu-abu dan celana hitam. Dan dalam video berikutnya penampilannya langsung berubah drastis saat memakai jas, kaus v-neck dan celana serba hitam. Dia bergaya ala Han Seo Jun di drakor True Beauty.

Drakor yang diadopsi dari webtoon ini populer di Indonesia saat tayang awal 2021 kemarin. Drama Korea yang tayang di VIU itu dibintangi Hwang In Yeop yang berperan sebagai Han Seo Jun dan Cha Eun Woo sebagai Lee Su Ho.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop berbincang dengan Yogi Hadi Wibowo yang membuat konten tersebut di TikTok. Ia merasa senang ketika tahu videonya viral di media sosial.

"Kalau di TikTok senang bisa viral, aku nggak menyangka banget. Tapi kalau yakin buat video viral malah nggak viral. Kalau nggak ada niatan eh malah viral," kata Yogi, Selasa (13/4/2021).

Pria yang berasal dari Tulungagung, Jawa Timur itu mengaku menyukai gaya Korea. Dia juga mengikuti serial drama Korea, salah satunya drakor True Beauty.

"Nah aku pantengin biar bisa buat konten. Aku panjanginlah rambutku. Pas dah panjang, aku pangkas kaya Han Seo Jun. Soalnya konten sebelumnya juga pernah jadi Moon Gang Tae dari drakor Its Okay To Not Be Okay. Intinya saya suka memerankan karakter atau dengan kata lain cosplay," terangnya panjang lebar.

Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty.Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty. Foto: Dok.Instagram @bobocu.id.

Pria 24 tahun itu mengaku sudah lama ingin berpenampilan ala Oppa Korea. Akan tetapi baru diwujudkannya pada tahun 2018.

Kerap melakukan cosplay ala pria Korea, Yogi mengaku menerima berbagai komentar netizen, baik yang positif maupun negatif. Namun untuk komentar negatif, dia tak menanggapinya.

"Komentar di TikTok seru walau banyak yang hate. Tapi makin ke sini yang hate jadi fans," tuturnya seraya tertawa.

Cosplay Low Budget Ala Yogi

Pria yang akrab disapa Bobocu ini menjelaskan jika ia tidak meniru persis gaya ala aktor Korea. Ia hanya mencari referensi gaya yang mirip dengan tokoh idolanya tersebut.

"Cari referensi nah lalu tinggal cari baju yang agak mirip kaya di style-nya. Tetep low budget. Kalau niru-in semua belum bisa," lanjutnya.

Ia menyebutkan detail dan harga outfit yang ia gunakan saat meniru gaya Hwang In Yeop yang berperan sebagai Han Seo Jun di True Beauty.

Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty.Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty. Foto: Dok.Instagram @bobocu.id.

"Jujur ya itu sepatu pantofel dikasih om, celana beli Rp 200 ribu, ikat pinggang Rp 13 ribu, kemeja Rp 200 ribu aku balik aslinya ada motifnya. Blazer pinjam teman, kalau beli harga Rp 250 ribu. Aksesori di leher dasi sekolah. Masker scuba Rp 10 ribu dapat 3. Anting Rp 15 ribu-an dan payung Rp 40 ribu. Nggak ada sejuta," sebutnya seraya tertawa lagi.

Yogi memilih memanfaatkan pernak perik yang sudah ia punya saat melakukan cosplay. "Prinsipku gunakan barang semaksimal mungkin yang kita punya, kalau belum kuat membeli. Tapi tetap style Korea vibenya Korea dapet. Yah walau muka nggak Korea yang penting stylenya," ucap pria lulusan SMK itu.

Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty.Ogi Adi Wibowo viral di TikTok tiru Han Seojun True Beauty. Foto: Dok.Instagram @bobocu.id.

Selain mengungkap harga outfit yang yang dikenakannya, Yogi juga menjelaskan mengenai trik pembuatan kontennya saat melakukan cosplay meniru Han Seo Jun 'True Beauty'. Dia hanya memakai satu ring light sebagai pencahayaan. Video tersebut juga ia ambil di rumahnya sendiri.

"Ini pakai ring light satu di depan. Itu efek editan. Jadi untuk before lampu rumahku dinyalain. Pas after gaya Han Seo Jun, lampu rumah dimatiin hanya pakai ring lightnya doang," jelasnya.

Yogi hanya memakai kamera belakang dan tak membutuhkan banyak waktu untuk mengedit video tersebut. "Sebentar doang sekitar 20 menit. Editnya juga sebentar, yang lama mikir konsepnya sama nyari sound yang pas. Aku pakai kamera handphone tekniknya dipantulkan ke kaca pakai kamera belakang. Mudah-mudahan ada yang ngasih Iphone auto 3D videoku," ujarnya berharap.

(gaf/eny)