Second Lead Syndrome, 5 Drama Korea Ini Aktor Pendukungnya Bikin Baper

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 25 Feb 2021 13:16 WIB
Kim Seon Ho pemeran Han Ji Pyeong dalam drama Korea Start-Up Han Ji Pyeong yang diperankan Kim Seon Ho bikin penonton drama Korea Start-Up terkena second lead syndrome.Foto: Instagram @seonho_kim
Jakarta -

Tak jarang drama Korea bikin penonton terpecah dalam dua 'kubu' yaitu first/main lead atau aktor utama dan second lead atau aktor pemeran pendukung. Dalam beberapa drama Korea, aktor second lead kerap dinilai lebih pantas bersanding dengan pemeran utama wanita.

Kalau kamu pernah merasakannya, kemungkinan kamu terjerat second lead syndrome. Second lead syndrome merupakan istilah yang digunakan saat penonton drama Korea lebih menyukai aktor second lead daripada aktor main lead.

Dalam drama Korea, sosok second lead biasanya ditampilkan sebagai pria yang tampan, mapan, dan baik hati. Mereka rela berkorban dan selalu ada untuk pemeran utama wanita dalam segala situasi. Maka tak heran bila penonton drama Korea khususnya di Indonesia geregetan saat kisah cinta aktor second lead berakhir tragis. Siapa saja karakter drama Korea yang bikin penonton terkena second lead syndrome?

Siap-siap patah hati, berikut lima karakter drama Korea yang sukses bikin penonton Indonesia baper dan kena second lead syndrome:

1. Kim Seon Ho - Start Up

Kim Seon Ho pemeran Han Ji Pyeong dalam drama Korea Start-UpKim Seon Ho pemeran Han Ji Pyeong dalam drama Korea Start-Up yang bikin penonton terkena second lead syndrome. Foto: Instagram @seonho_kim

Sejak awal penayangan drama Korea Start Up, karakter Han Ji Pyeong (pemain Kim Seon Ho) telah mencuri perhatian dan bikin penonton baper. Han Ji Pyeong adalah anak yatim piatu yang dibesarkan di panti asuhan.

Mandiri sejak muda, ia meninggalkan panti asuhan dan mencari nafkah sendiri. Pertemuannya dengan 'halmeoni' mengubah hidup Han Ji Pyeong hingga sukses dan mapan sebagai pemimpin tim di SH Venture Capital.

Melihat perjuangan Han Ji Pyeong, penonton Indonesia dibuat tersentuh dan kena second lead syndrome. Karakter Han Ji Pyeong dinilai lebih pantas bersanding dengan Seo Dal Mi (pemain Bae Suzy), dibandingkan Nam Do San (pemain Nam Joo Hyuk). Namun pada akhirnya, tim Ji Pyeong harus rela kisah cinta sang 'Good Boy' tak berakhir happy ending.

2. Ryu Jun Yeol - Reply 1988

Reply 1988Reply 1988. Foto: Reply 1988/tvN

Karakter Kim Jung Hwan (pemain Ryu Jun Yeol) di drakor Reply 1988 sukses bikin penonton Indonesia kena second lead syndrome. Kim Jung Hwan memilih untuk menyimpan perasaannya pada tetangga dan sahabatnya Sung Deok Sun (pemain Hyeri Girl's Day) selama bertahun-tahun.

Kim Jung Hwan digambarkan sebagai sosok dingin yang diam-diam menaruh perhatian pada pemeran utama wanita. Ia kerap menunggu Deok Sun di depan rumahnya agar pergi bersama ke sekolah. Momen yang paling berkesan adalah saat Jung Pal 'pasang badan' agar Deok Sun tak berdesakan di dalam bis.

Pada akhirnya, Jung Pal memilih untuk mundur saat tahu sahabat kecilnya Choi Taek (pemeran Park Bo Gum) menyukai Deok Sun. Walau berakhir tragis di drama Korea, Ryu Jun Yeol dan Hyeri Girl's Day diketahui berpacaran di dunia nyata.

3. Kim Hyun Joong - Boys Before Flowers

Boys Before FlowersBoys Before Flowers Foto: istimewa

Drama Korea legendaris ini lebih dulu memecah penonton Indonesia dalam dua 'kubu'. Dalam Boys Before Flowers, tak sedikit penonton Indonesia yang menilai Yoon Ji Hoo (pemain Kim Hyun Joong) lebih pantas bersanding dengan Geum Jan Di (pemain Goo Hye Sun).

Karakter Ji Hoo selalu ada saat Jan Di membutuhkannya. Salah satu momen paling berkesan adalah saat Jan Di tenggelam di pantai. Karena sang pemeran utama Gu Jun Pyo (pemain Lee Min Ho) takut air dan tak bisa berenang, Ji Hoo dengan sigap menyelamatkannya.

Ji Hoo juga jadi orang orang pertama yang mengetahui cita-cita Jan Di yang ingin jadi dokter dan selalu menyemangatinya. Walau begitu, penonton Indonesia yang terkena second lead syndrome harus rela Ji Hoo tak berakhir bersama Jan Di.

4. Hwang In Yeop - True Beauty

Hwang In YeopHwang In Yeop pemeran Han Seo Jun bikin penonton True Beauty terkena second lead syndrome. Foto: dok. tvN

Drama Korea True Beauty dibintangi dua aktor tampan, Cha Eun Woo dan Hwang In Yeop. Sejak awal penayangan True Beauty, drama Korea ini memecah penonton Indonesia dalam tim Su Ho dan tim Seo Jun.

Keduanya diketahui menaruh hati pada Ju Kyung (pemain Moon Ga Young) dan bersaing untuk menunjukkan perhatian padanya. Namun tak sedikit penonton Indonesia yang terkena second lead syndrome dan berharap Seo Jun berakhir bersama Ju Kyung.

Dibalik imej 'dingin' nya, Seo Jun tak segan melindungi adiknya dan Ju Kyung yang jadi korban perundungan. Seo Jun pula yang meminta staf blog sekolah untuk menghapus foto wajah asli Ju Kyung yang tersebar di sekolah. Saat tahu Su Ho berpacaran dengan Ju Kyung, ia bahkan memilih untuk menyimpan perasaannya. Karakter Seo Jun ini membuat penonton True Beauty terkena second lead syndrome.

5. Sungjae BTOB - School 2015

school 2015Drama Korea School 2015 Foto: istimewa

Kisah second lead yang tak kalah tragis adalah karakter Gong Tae Kwang di drakor School 2015. Tae Kwang (pemain Sungjae BTOB) digambarkan sebagai pembuat onar di sekolah namun sebenarnya menyimpan luka karena masalah keluarga.

Tae Kwang mulau berubah setelah bertemu Lee Eun Bi (pemain Kim So Hyun) dan kerap menunjukkan perhatian padanya. Walau Lee Eun Bi berakhir bersama Yi An (pemain Nam Joo Hyuk), tak sedikit yang menilai Tae Kwang lebih pantas bersanding dengannya.

Sebab, saat melakukan pendekatan pada Eun Bi, Yi An justru mengungkapkan perasaannya pada Eun Byul. Ia telah menyukai sahabatnya selama 10 tahun yang juga menyimpan perasaan padanya. Namun pada akhirnya, Yi An memilih bersanding dengan Eun Bi yang baru dikenalnya.

Dari lima karakter drama Korea di atas, siapa yang bikin kamu terkena second lead syndrome?



Simak Video "Kupas Tuntas Fashion Seo Dal Mi, Pemeran Drakor Start Up"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/eny)