Kim So Hyun Pakai Hanbok Jadi Kontroversi, Diklaim Netizen Punya China

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 16 Feb 2021 10:00 WIB
Kim So Hyun Foto: Dok. KBS2
Jakarta -

Kim So Hyun baru-baru ini mengunggah potretnya menggunakan Hanbok di Instagram. Foto tersebut diunggah dalam rangka merayakan tahun baru China yang juga diperingati sebagai 'seollal' di Korea. Tampil dalam balutan baju tradisional, penampilannya jadi perbincangan. Bukan hanya karena terlihat menawan tapi juga klaim sebagian orang bahwa hanbok adalah milik China.

Belakangan ini beberapa perseteruan terjadi antara netizen China dan Korea. Setelah kimchi yang diperebutkan sebagai makanan tradisional kedua negara, kini hanbok juga diklaim sebagai milik China. Hal itu pun terjadi dalam unggahan terbaru aktris Kim So Hyun di mana ia terlihat mengenakan hanbok yang dikenal sebagai pakaian tradisional Korea.

[Gambas:Instagram]



Foto itu sendiri diambil dari drama terbaru Kim So Hyun, River Where the Moon Rises. Selain mempromosikan drakornya yang baru tayang, pemain Goblin tersebut sekaligus menyapa para fans dan mengucapkan selamat tahun baru.

"Semuanya, semoga kalian merayakan liburan tahun baru China dengan aman dan hangat. Selamat tahun baru," tulisnya di IG @wow_kimsohyun.

Postingan itu pun mendapat banyak like dan komentar. Namun selain membalas ucapan selamat Kim So Hyun atau membicarakan kecantikannya, banyak fans justru memberikan busana yang dikenakan wanita 21 tahun itu. Banyak orang menulis jika yang dipakai So Hyun adalah hanfu atau pakaian tradisional dari China.

"Terima kasih sudah membantu kami mempromosikan budaya Hanfu China," "Aneh melihat kostum tradisional China dalam syuting dan gaya kostum drama China," "Terima kasih sudah mempromosikan kostum tradisional China, tapi mengapaa kamu tidak memakai kostum tradisional hanbok-mu sendiri?" tulis para netizen di kolom komentar pemain film The Last Princess itu.

Karena hal ini, postingan Kim So Hyun yang menempuh pendidikan di Universitas Hanyang tersebut menjadi kontroversi. Beberapa netizen menekankan jika yang dipakainya memang hanbok tapi ada pula yang beranggapan sebaliknya. Tentunya banyak orang Korea yang tidak rela jika pakaian tradisionalnya dibilang sebagai baju dari daerah lain. Di antara keduanya memang terlihat kemiripan namun netizen China dianggap tidak bijaksana jika mengklaim busana tersebut berasal dari negara mereka.

(ami/ami)