I.M Monsta X Pakai Kaus Bertulisan 'Bismillah', Fans Ramai-ramai Protes

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 15 Feb 2021 14:27 WIB
I.M Monsta X Foto: Twitter
Jakarta -

I.M Monsta X jadi kontroversi karena foto terbaru yang merupakan teaser untuk album solonya. Dalam foto yang diantisipasi oleh penggemar tersebut sayangnya ada satu hal yang menjadi masalah dan mendatangkan hujatan. Dalam postingan itu ditemukan lafaz basmallah yang tentunya mengundang protes dari para fans beragama Islam.

I.M Monsta X akan merilis album solo pertamanya yang bertajuk 'Duality'. Dalam foto promosi yang baru dirilis, ia pun tampil fierce dengan gaya busana yang berkesan 'rebel'. Namun ada satu hal kurang berkenan yang langsung disadari penggemar yakni tuliskan Arab berbunyi 'Bismillahirrahmanirrahim' di salah satu fotonya.

I.M Monsta XI.M Monsta X Foto: Twitter

Tulisan 'Bismillah' itu ditemukan di bagian dada kaus putih tanpa lengan yang dipakai pemilik nama asli Im Chan Kyun tersebut. Adanya tulisan yang diketahui bermakna suci yakni 'Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang' ini membuat banyak fans marah marah karena dianggap tidak patut digunakan pada busana dan melecehkan agama mereka.

Fans I.M Monsta X pun menyalahkan tim stylist dan agensi dari rapper tersebut karena membuatnya mengenakan sesuatu yang tanpa disadari menyinggung. Permasalahan itu menjadi perhatian fans KPop baik beragama Islam maupun bukan yang kemudian ramai-ramai meminta agensi untuk menghapusnya.

Masalah ini ramai dibahas karena bukan pertama kalinya artis KPop dianggap menggunakan agama Islam sebagai konsep. Sebelum NCT sempat jadi perbincangan karena dianggap menggunakan gambar mirip mesjid dan tulisan Arab untuk set panggung. Penyanyi China Luhan juga sempat mengenakan rompi bertuliskan syahadat yang juga mengundang protes.

I.M Monsta XI.M Monsta X Foto: Twitter

Mengetahui adanya protes, label Starship Entertainment tak lama memberikan pernyataan. Mereka meminta maaf atas kejadian itu dan mengaku akan menghapus semua foto I.M yang memakai kaus tersebut.

"Mengenai konsep foto yang dirilis untuk Digital Mini Album I.M 'Duality', Starship Entertainment telah menghapus semua foto dari busana yang mengandung tulisan religius. Kami akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk memastikan tidak ada implikasi religius dalam konsep foto mendatang dan kami menyesali tidak menelitinya dengan maksimal. Kami sangat meminta maaf kepada mereka yang merasa tidak nyaman dengan tindakan kami," tulis Starship mengenai kaus I.M Monsta X itu.

(ami/ami)