Fakta-fakta Luhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertuliskan Syahadat

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 03 Jun 2020 14:30 WIB
luhan Luhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @luhanstudio7
Jakarta -

Luhan jadi sasaran kekesalan netizen setelah ia kedapatan pakai baju bertuliskan syahadat. Baju tersebut dikatakan mengandung kalimat syahadat yang artinya suci sehingga tidak patut hanya jadi aksesori. Sosok Luhan yang pernah tergabung dalam grup musik EXO itu pun kembali menjadi perbincangan. Berikut fakta-fakta mengenai Luhan yang mungkin belum kamu tahu.

Luhan Pakai Baju Bertuliskan Syahadat


Luhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat.Luhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Fansite

Nama Luhan jadi trending di media sosial karena busananya yang dipakai beberapa hari lalu. Rompi denim itu terlihat ditempeli metal sticker bertulisan Arab yang merupakan kalimat syahadat atau Tauhid. Karena ini, Luhan menuai protes dari sejumlah fans yang beragama Islam. Baju itu dianggap menyinggung karena artinya suci dan diucapkan untuk menjadi seorang muslim. Mereka pun tidak marah dengan fakta baju itu nantinya akan ditaruh di sembarang tempat.

Brand Sudah Minta Maaf

luhanLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @7_luhan_m

Mengetahui protes tersebut, brand SANKUANZ yang mengeluarkan rompi itu telah buka suara. Dalam sebuah pernyataan yang diunggahnya, brand mengakui bahwa rompi tersebut merupakan bagian dari koleksi F/W 2020 'The Century' yang menyoroti latar belakang sejarah dan budaya. Dengan menggabungkan berbagai simbol dari militer, agama, dan kultur pop, desainer berniat untuk mengekspresikan hormatnya pada keberagaman budaya di abad ini.

"Sayangnya karena kurangnya kesadaran akan budaya muslim, kami tidak dengan benar mengutip kalimat syahadat dalam desain kami. Kami benar-benar minta maaf kepada semua muslim dan kami tidak akan menggunakan kalimat syahadat dalam desain kami di masa depan," tulisnya.

Luhan Mantan Personel EXO

EXOLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: EXO

Luhan sering disebut sebagai eks EXO karena dulu ia pernah tergabung dalam boyband kenamaan Korea tersebut. Di awal debutnya, Luhan menjadi bagian dari EXO-M yang sebagian besar beranggotakan membernya berasal dari China. Dua tahun setelahnya, Luhan meminta SM untuk membatalkan kontrak dan meninggalkan EXO. Kemudian Luhan berkarier di China sebagai solois, pemain drama, film juga variety show.

Luhan Menggugat SM Entertainment

luhanLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @luhanstudio7

Sebelum meninggalkan Korea untuk berkarier di China, Luhan sempat memberi gugatan kepada SM Entertainment agar membatalkan kontraknya. Dilansir sejumlah sumber, Luhan mengeluhkan sejumlah hal yang membuatnya ingin keluar dari EXO. Beberapa di antaranya adalah jadwal terlalu padat, diskriminasi sebagai member dari China, masalah kesehatan, hingga tidak jelasnya rencana pengembangan masa depan.

Luhan Artis China Berbayaran Tinggi

luhanLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @luhanstudio7

Setelah kembali ke China, Luhan bisa dibilang langsung laris sebagai solois dan aktor. Selain albumnya yang sering merajai tangga lagu, Luhan pun sering main di berbagai film populer, sebut saja 20 Once Again, Time Raiders, The Great Wall, hingga Shanghai Fortress. Ia bahkan disebut sebagai artis China kedua berbayaran tertinggi setelah Fan Bingbing.

Running Man Versi China

luhanLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @7_luhan_m

Luhan juga sering didaulat berperan dalam film dan acara tv yang merupakan adaptasi dari Korea. Selama tiga tahun, Luhan menjadi pemain Keep Running yang merupakan Running Man versi China.

Dipertemukan dengan Para Eks EXO

luhanLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @luhanstudio7

Pria 29 tahun baru-baru ini kembali tampil di televisi dalam program Produce Camp 2020. Dalam acara tersebut, Luhan bertugas sebagai mentor yang membimbing para calon idol sebelum debut. Luhan pun kembali bertemu dengan dua mantan rekannya di EXO yakni Kris Wu dan Tao. Dalam acara itu, mereka kerap saling bercerita masa lalu yang membuat fans bernostalgia.

Luhan Kuliah di Korea

luhanLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @luhanstudio7

Sebelum menjadi trainee SM Entertainment, Luhan adalah seorang mahasiswa China yang sedang belajar di Seoul Institute of the Arts. Ia ditawarkan bergabung dengan agensi tersebut ketika sedang mengunjungi Myeongdong. Tampaknya visual Luhan yang dikenal imut dan cantik sudah mencuri perhatian sejak dulu. Dikatakan jika pemilik nama lengkap Lu Han itu bahkan sudah punya fanclub sebelum jadi artis.

Luhan Jago Main Bola

luhanLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Instagram @luhanstudio7

Salah satu hobi Luhan adalah main bola. Karenanya, ia kerap berpartisipasi dalam acara olahraga baik ketika masih bergabung dalam EXO maupun setelah berkarier di China. Luhan juga pernah merilis lagu berjudul 'Football Gang'. Meski dikenal punya wajah yang cantik, Luhan sering dibilang tampak manly saat sedang main bola dan basket.

Pacar Luhan

Guan Xiao TongLuhan Eks EXO yang Jadi Atensi Karena Baju Bertulisan Syahadat. Foto: Weibo

Luhan bikin banyak fans patah hati ketika mengumumkan hubungannya dengan Guan Xiaotong. Ketika itu, Luhan dan pacarnya memposting foto kebersamaan mereka di Weibo dan mengungkap bahwa mereka berpacaran. Luhan dan Xiao Tong diduga cinlok setelah dipertemukan dalam sebuah drama bertajuk Sweet Combat. Xiaotong sendiri dijuluki 'Nation's Daughter' oleh publik China.



Simak Video "Tips Merawat Rambut dan Wajah ala Member EXO"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)