Selamat Ultah Kyuhyun Super Junior, Ini Perjalanan Kariernya Hingga 33 Tahun

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 03 Feb 2021 17:00 WIB
Kyuhyun bintangi drama musikal Phantom Happy Kyuhyun Day, Kyuhyun Super Junior ulang tahun. Foto: (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

Para penggemar KPop pasti sudah tak asing dengan sosok Kyuhyun. Tepat hari ini tanggal 3 Februari adalah hari ulang tahun Kyuhyun. Tagar Happy Kyuhyun Day diserukan oleh para ELF (sebutan penggemar Super Junior) hingga menjadi trending topic Twitter di mancanegara.

Kyuhyun kini genap berusia 33 tahun. PAda awal debutnya bersama Super Junior, Kyuhyun berusia 16 tahun dan menjadi member termuda. Ultah Kyuhyun menjadi spesial karena dirayakan oleh para ELF yang setia mendukungnya sejak 2006.

Seperti apa jejak Kyuhyun hingga mendunia bersama Super Junior? Simak lika-liku perjalanan karier Kyuhyun yang tengah berulang tahun:

1. Kyuhyun yang memiliki nama lengkap Cho Kyuhyun, lahir di Seoul pada 1988. Ia terlahir dari keluarga pengusaha. Ayah Kyuhyun memiliki sejumlah lembaga pendidikan di Korea, sementara ibunya mendirikan akademi seni dan wisma di Myeongdong.

KyuhyunKyuhyun Super Junior. Foto: Pinterest

2. Awalnya, Kyuhyun didesak untuk belajar hukum oleh orangtuanya. Namun sejak menjadi member band di SMA, Kyuhyun menyadari bakatnya dalam menyanyi. Ia menempati juara ke-3 dalam Chin Chin Singing Competition pada 2005.

KyuhyunKyuhyun Super Junior Foto: Pinterest

3. Selang satu tahun setelah menang kontes menyanyi, Kyuhyun direkrut sebagai trainee SM Entertainment. Kyuhyun menjalani masa trainee selama tiga bulan dan debut sebagai member ke-12 Super Junior. Ia adalah vokalis utama dan maknae grup Super Junior.

KyuhyunKyuhyun Super Junior Foto: Twitter

4. Kyuhyun mendapat tentangan keras dari sang ayah saat mau berkarier sebagai idol Kpop. Sebagai syarat untuk mendapat restunya, Kyuhyun harus diterima di universitas bergengsi. Ia kemudian mengambil jurusan Post-Modern Music di Universitas Kyunghee dan lulus pada 2013.

KyuhyunKyuhyun Super Junior Foto: Pinterest

5. Setelah menyabet gelar sarjana, Kyuhyun menyelesaikan gelar master bidang Post-Modern Music di universitas yang sama pada 2016. Disertasinya meneliti strategi kemajuan KPop di Amerika dan Eropa menyusul kesuksesannya di Jepang dan Cina.

KyuhyunKyuhyun Super Junior Foto: Pinterest

6. Karier Kyuhyun bersama Super Junior mulai melambung sejak rilisnya lagu 'Sorry Sorry' pada 2009. Ia kemudian bergabung dalam sub-unit Super Junior K.R.Y dan Super Junior M, serta mengisi sejumlah soundtrack drama Korea.

KyuhyunKyuhyun Super Junior Foto: Twitter

7. Kyuhyun sempat mengalami kecelakaan mobil pada 2007 yang membuatnya menghabiskan 78 hari di rumah sakit. Saat itu, Kyuhyun yang duduk di belakang jok pengemudi mengalami luka paling serius dan memiliki 20 persen kesempatan untuk hidup.

KyuhyunKyuhyun Super Junior Foto: Twitter

8. Pada 2010, Kyuhyun memulai debutnya dalam teater musikal sebagai pemeran utama The Three Musketeers. Hingga kini, Kyuhyun telah membintangi sejumlah teater musikal seperti 'Catch Me If You Can, Robin Hood, dan terbaru Phantom.

KyuhyunKyuhyun Super Junior Foto: Pinterest

9. Selain terjun sebagai solois, Kyuhyun juga menjajal peran host dalam sejumlah program televisi. Ia menggantikan peran Heechul Super Junior di Radio Star pada 2011 dan kini menjadi juri di acara Sing Again.



Simak Video "Cerita Hesti Purwadinata Didandani Shindong 'Super Junior'"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/eny)