5 Pengakuan Ariel Tatum yang Mengalami Gangguan Mental Sejak Remaja

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 09 Jan 2021 13:00 WIB
10 Foto Ariel Tatum yang Cantik Tak Cuma di KTP Saja Foto: dok. Instagram @arieltatum
Jakarta -

Ariel Tatum sudah lama berbicara mengenai kondisi mental yang dialaminya. Baru-baru ini ia pun membuka tentang vonis yang didapatkannya yakni Borderline Personality Disorder yang membuat nama artis cantik jadi trending. Dalam program OOTD di Trans 7, wanita 24 tahun ini mengungkap dampak dari gangguan kesehatan mental tersebut yakni jadi sulit punya pasangan. Intip fakta-fakta mengenai gangguan mental yang dihadapinya sejak remaja.

Ariel Tatum Idap BPD


Ariel mengaku divonis BPD atau Borderline Personality Disorder sejak usia 18 tahun. Dikatakan jika ia baru dilabeli kondisi tersebut setelah menjalani terapi cukup lama. Dalam acara OOTD, ia pun menjelaskan sekelumit mengenai apa yang dialaminya.

ariel tatumariel tatum Foto: Instagram @arieltatum

"Jadi kalau gampangnya BDP itu adalah salah satu gangguan kepribadian, bahasa Indonesianya adalah kepribadian ambang. Jadi memang citra dirinya kurang jelas, jadi tuh gampangnya ketika kita ABG kan suka labil, suka nggak tahu mau kita apa. BPD memang butuh waktu yang panjang untuk bisa kita deteksi, gampangnya kelabilan itu semua severe dan berkepanjangan," kata Ariel.

Ariel Tatum Sulit Membangun Hubungan


Wanita yang dikabarkan sedang dekat dengan Gading Marten tersebut juga mengungkap dampak lain dari kondisi mentalnya. Dikatakan jika ia jadi sulit untuk membangun hubungan, termasuk untuk percintaan. "Membangun hubungan romantis tuh sulit banget buat aku dari dulu. Butuh perjuangan yang lebih dari orang-orang yang biasanya, effort-nya segimana aku susah banget," tutur Ariel Tatum.

Pernah Mencoba Bunuh Diri


Selain sulit membangun hubungan romantis, Ariel Tatum juga mengaku sempat melukai diri sendiri bahkan punya pikiran untuk mengakhiri hidupnya. Karena itu juga wanita yang dikenal sebagai pemain sinetron ini memutuskan untuk meminta bantuan profesional agar kasusnya bisa ditangani. Tak disangka hal tersebut sudah dirasakan Ariel sejak kecil.

"Waktu itu yang membuat aku memutuskan bahwa aku butuh bantuan profesional adalah aku suicidal. Aku punya kecenderungan self-harm dan juga pikiran bunuh diri. Jadi memang aku merasa ada yang salah, memang pas aku umur 13 tahun akhirnya aku memutuskan mencari bantuan profesional. Tapi ketahuan BPD-nya itu setelah bertahun-tahun menjalani terapi. Jadi aku baru tahu sekitar umur 18 tahun lah," bebernya lagi.

10 Foto Ariel Tatum yang Cantik Tak Cuma di KTP Saja Ariel Tatum Foto: dok. Instagram @arieltatum

Nabung untuk Pergi ke Psikolog


Untungnya sejak awal Ariel Tatum sudah mengerti masalahnya perlu ditangani pihak profesional. Karena itu, sejak usia 13 ia sudah terpikir untuk bertemu psikolog bahkan menabung sendiri.

"Gue tau ada yang nggak bener di diri gue itu dari gue umur 13 tahun. Dari umur 13 tahun itu gue udah nabung uang jajan sendiri untuk cari psikolog," ungkap Ariel Tatum di acara 'Bareng Boy'. "Gue masih mikir, stigma kalau ke psikolog itu bikin malu. Tapi ternyata pas gue kasih tahu, support keluarga ternyata support banget sih," lanjut anak dari Matilda Tatum ini.

Ariel Tatum Pernah Alami Bullying

ariel tatumariel tatum Foto: Instagram @arieltatum

Sebelumnya Ariel mengaku pernah mengalami bullying ketika remaja. Dalam live Instagram bersama detikcom tahun lalu, ia bercerita bagaimana ia mendapat perlakuan tidak menyenangkan oleh teman-temannya saat SMP. "Aku tuh dibully dari zaman SMP, gara-gara aku pacarin satu cowok idola remaja Indonesia pada zaman itu. Jadi bener-bener tajem banget tuh mulut ya kan," tutur Ariel.

Meski begitu, Ariel Tatum mengaku berusaha tidak terlalu mempedulikannya. "Aku tuh dibully dari zaman SMP, gara-gara aku pacarin satu cowok idola remaja Indonesia pada zaman itu. Jadi bener-bener tajem banget tuh mulut ya kan," tambah pemilik IG @arieltatum tersebut.

(ami/ami)