Viral Petisi Nobita Dilarang 'Ngintip' Shizuka Mandi di Tayangan Doraemon

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 10 Des 2020 14:38 WIB
Doraemon dan kawan-kawan di mesin waktu. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Kartun Doraemon telah menceriakan hari-hari kaum yang besar di era '90-an. Kini, kartun tersebut diprotes karena ada tayangan yang menggambarkan sosok Nobita yang kerap muncul saat Shizuka tengah mandi.

Adegan tersebut biasanya terjadi ketika Nobita secara tidak sengaja masuk ke dalam kamar, ternyata kamar mandi Shizuka yang saat itu tengah mandi. Ketika sudah begitu, Nobita biasanya diliputi rasa malu dengan efek air panas di wajahnya.

Seperti tidak belajar dari kesalahan, adegan tersebut terus berulang di sejumlah episodenya. Kini, semakin banyak orangtua yang dulunya besar dengan kartun Doraemon yang mulai protes dengan adegan yang dinilai tidak relevan, terlebih untuk anak di bawah umur.

DoraemonDoraemon Foto: Istimewa

Petisi tersebut ada di change.org yang meminta produser untuk menghentikan adegan seperti itu. Petisi tersebut diunggah pada 3 Desember oleh orang dengan nama Midorino Mushima.

"Kami adalah mantan anak-anak yang suka dengan Doraemon yang kini menjadi orangtua bagi anak kami. Kami belajar tentang persahabatan dan keberanian dan ingin juga mengajarkannya ke anak-anak kami," tulis petisi di awal.

"Tapi ada problem adegan di Doraemon. Ada adegan Shizuka mandi yang diintip oleh Nobita. Tindakan melihat seseorang mandi adalah jenis seksual bukan bagian dari kenakalan. Tindakan tersebut bisa sangat membuat trauma bagi wanita yang menjadi korban dan bisa menimbulkan ketakutan," tambah penulis.

Sejak petisi ini dibuat telah mendapatkan sekitar 900 tanda tangan dari 5.000 yang dibutuhkan. Banyak juga komentar dukungan.

"Saya merasa jijik dengan adegan kamar mandi dan tidak ingin menunjukkannya ke putri-putriku," komentar warganet.

"Aku secara personal suka dengan Doraemon dan setuju dengan petisi ini karena aku ingin menunjukkan ke anakku yang berusia empat tahun dengan hati nurani yang bersih," tambah netizen lainnya.

"Adegan itu menggangguku. Aku terkejut mereka selalu melakukan ini," ungkap netizen lainnya.



Simak Video "Aksi Wanita Korsel Bela Atlet yang Dikritik Gegara Rambut Pendek"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)