Sinopsis Room, Film Brie Larson yang Memberinya Piala Oscar

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 05 Des 2020 15:07 WIB
Film Room Sinopsis Room, film yang tayang perdana di Bioskop Trans TV hari ini. (Foto: Element Pictures via IMDb)
Jakarta -

Film Room akan menjadi sajian istimewa di Bioskop Trans TV hari ini, Sabtu (5/12/2020). Film bergenre drama ini tayang perdana di layar kaca Tanah Air pada pukul 22.00 WIB.

Dirilis pada 2015, film ini menampilkan aktris Brie Larson sebagai salah satu bintang utamanya. Berkat perannya di film Room, aktris kelahiran California, AS, 31 tahun lalu ini, memeroleh piala Oscar pertamanya di ajang Academy Awards 2016.

Brie Larson menyabet penghargaan untuk kategori aktris pemeran utama terbaik, mengalahkan Cate Blanchett dan Jennifer Lawrence. Sebuah prestasi yang mengesankan juga mengingat Brie baru pertama kali masuk nominasi penghargaan paling berprestise di dunia film tersebut.

Sejak membintangi Room, nama Brie Larson pun makin diperhitungkan. Peran Captain Marvel lantas jatuh ke tangannya.

Di film Room, Brie Larson dipasangkan dengan aktor cilik Jacob Tremblay. Adapun film produksi Element Pictures ini disutradarai oleh Lenny Abrahamson. Ia pun mengantongi nominasi Oscar di kategori sutradara terbaik berkat film yang diadaptasi dari kisah nyata ini.


Sinopsis Room

Seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, sosok Joy (Brie Larson) merupakan korban penculikan seorang pria bernama Old Nick (Sean Bridgers) selama tujuh tahun. Ketika diculik, saat itu Joy masih remaja

Tak hanya diperlakukan sebagai tawanan, Joy juga menjadi korban pemerkosaan berulang-ulang yang dilakukan Old Nick hingga hamil.

Joy kemudian mengandung anak dari Old Nick, sampai harus menjalani proses melahirkan dalam ruangan kumuh seorang diri, tanpa bantuan medis.


Old Nick menyembunyikan keberadaan Joy dalam gudang yang terletak di pekarangan rumah. Inilah yang membuatnya kesulitan untuk meminta pertolongan dari luar.

Sinopsis Film RoomFilm Room (Foto: Element Pictures via IMDb)

Selain itu, Old Nick juga memasang kode rahasia pada pintu akses tempat Joy disandera agar tidak dapat diketahui siapa pun.

Kehidupan Joy dalam kamar rahasia itu mulai berubah setelah lahirnya Jack (Jacob Tremblay) yaitu anak biologis dari Old Nick.

Joy merawat Jack dengan penuh kasih sayang dalam keadaan terbatas, meskipun dirinya sangat membenci Old Nick dan tidak akan pernah memberi izin menyentuh Jack.

Ketika Old Nick datang ke dalam ruangan rahasia tempat Joy dan anaknya terjebak, Joy selalu meminta Jack bersembunyi dalam sebuah lemari usang di ruangan tersebut.

Hal ini dilakukan Joy karena ia tidak pernah sudi jika Old Nick menjadi ayah Jack yang memiliki perilaku jahat dan keji.

Sinopsis Film RoomBrie Larson dan Jacob Tremblay di film Room (Foto: Element Pictures via IMDb)

Dari sinopsis film Room tersebut, kisah sebenarnya memang benar terjadi dalam kehidupan nyata.

Nasib malang ini menimpa Elisabeth Fritzl, perempuan asal Austria yang menjadi korban penculikan ayahnya sendiri Josef Fritzal.

Ayah Elisabeth melakukan hal keji itu selama 24 tahun saat ia berumur 11 tahun, dan menghamili anak kandungnya sendiri dalam ruang bawah tanah.

Pemberitaan mengenai kasus penculikan Elisabeth itu meluas setelah terungkap. Sampai akhirnya dijadikan sebuah novel berjudul "Room" karya Emma Donoghue.

Saksikan kisah Joy dan Jack selengkapnya di film Room yang tayang perdana di Bioskop Trans TV hari ini pada pukul 22.00 WIB.

(dtg/dtg)