Ukir Sejarah, Wanita Kulit Hitam Jadi Miss Canada Lagi Setelah 30 Tahun

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 26 Okt 2020 12:31 WIB
Miss Universe Canada 2020 Nova Stevens Miss Universe Canada 2020 Nova Stevens (Foto: Instagram/@thenovastevens)
Ontario -

Kanada baru saja memilih putri terbaiknya tahun ini di ajang kontes kecantikan. Adalah Nova Stevens, perempuan yang menyabet gelar Miss Universe Canada 2020.

Kemenangan tersebut diraih oleh Nova Stevens setelah berhasil menyisihkan 39 finalis lainnya. Perempuan 27 tahun ini pun dimahkotai di acara puncak yang berlangsung di Ontario, Kanada, pada Sabtu (24/10/2020). Sebagai pemenang, ia akan mewakili Kanada di ajang Miss Universe tahun ini.

Berbeda dari pemenang Miss Universe Canada terdahulu, Nova Stevens tak berkulit terang atau berambut pirang seperti perempuan Kanada umumnya. Kulitnya gelap dan bibirnya tebal.

Ya, Nova Stevens berasal dari Afrika. Ia lahir di Kenya setelah orangtuanya terpaksa mengungsi dari kampung halaman di Sudan Selatan karena konflik.

Dengan demikian, Nova Stevens mengukir sejarah sebagai perempuan berkulit hitam pertama yang meraih gelar Miss Universe Canada, setidaknya dalam 30 tahun terakhir.

[Gambas:Instagram]



"Pada 1989, Juliette Powell menjadi perempuan kulit hitam pertama dan terakhir yang memenangkan Miss Universe Canada. Itu 30 tahun lalu," ungkap Nova Stevens dalam sebuah wawancara dengan situs Fashion Magazine menjelang kontes tersebut.

Fakta bahwa Kanada belum memiliki lagi pemenang keturunan Afrika selama tiga dekade belakangan yang akhirnya memotivasi Nova untuk mengikuti ajang tersebut. Menurutnya, semua perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk menang terlepas dari ras atau latar belakang lainnya.

"Aku tak bisa menerima keadaan ini. Aku yakin ini bukan masalah mereka tidak mampu. Kanada adalah tanah bagi para imigran dan keberagaman itu yang membuat kita sangat indah," kata model yang juga aktivis ini.

Bagi Nova Stevens, kemenangan di Miss Universe Canada 2020 bukan sesuatu yang mudah digapai. Ia harus mengalami dua kali kegagalan setelah mengikuti ajang yang sama pada 2014 dan 2018.

[Gambas:Instagram]



Sempat menyerah untuk mencoba kembali, Nova kembali termotivasi setelah menyaksikan Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan dinobatkan sebagai Miss Universe 2019.

Merasa memiliki fisik yang sama, ia memandang Zozibini sebagai cerminan dirinya. "Ketika kamu melihat dirimu di orang lain, kamu pun terinspirasi untuk menunjukkan versi terbaik dari dirimu. Dia menginspirasiku. Aku bilang ke diri sendiri, jika dia bisa memenangkan Miss Universe karena Miss Universe dapat melihatnya, maka Kanada mungkin bisa melirikku juga," katanya.

ATLANTA, GEORGIA - DECEMBER 08: (EDITORIAL USE ONLY) Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi, of South Africa, is crowned onstage at the 2019 Miss Universe Pageant at Tyler Perry Studios on December 08, 2019 in Atlanta, Georgia. (Photo by Paras Griffin/Getty Images) Zozibini Tunzi saat dinobatkan sebagai Miss Universe 2019. (Foto: Paras Griffin/Getty Images)
(dtg/dtg)