Foto X-Ray Wanita Pakai Ratusan Susuk Viral, Ini Cerita di Baliknya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 18 Sep 2020 13:36 WIB
Ratusan susuk yang terlihat melalui Xray Foto: Instagram/tasyabira
Jakarta -

Selebiti Instagram (selebgram) Tasqia Alifa Syabira yang terkenal di kalangan EXO L, mendadak menjadi perbincangan warganet. Dia menjadi viral setelah mengunggah di Instagram storynya penampakan susuk di foto X-ray wanita usia 55 tahun.

"Pasien wanita usia 55 tahun mau di X-ray. Nah kalo ini susuknya ada berapa? Itng sendiri deh ya:)" tulis Tasqia dalam unggahannya.

Dalam unggahannya di Instagram @tasyabira, Tasqia memberikan sedikit informasi mengenai susuk. Katanya, susuk dalam dunia medis disebut sebagai Charm Needles. Umumnya, susuk akan terlihat jelas ketika seseorang melakukan X-ray. Hal itu dikarenakan susuk terbuat dari emas dan tembaga.

[Gambas:Instagram]



Unggahan Tasqia ini viral setelah diunggah ulang oleh akun gosip @lambe_turah. Ketika dikonfirmasi oleh Wolipop, Tasqia mengaku tak menyangka unggahannya menjadi viral.

"Agak speechless sih, soalnya nggak nyangka bakal se-viral ini. Aku tahunya kalau viral nggak lama setelah trending di Twitter, banyak yang mention dan DM aku buat ngasih tau," ungkapnya saat dihubungi Wolipop, Jumat (18/9/2020).

Wanita yang kerap menang fansign dengan bintang K-Pop itu mengaku mendapatkan foto X-ray wanita yang di dalam tubuhnya terdapat susuk itu dari jurnal ilmiah berjudul Journal of Radiology Case Reports. Dalam jurnal tersebut ada foto X-ray yang diunggah ulang Tasqia di Instagram Story.

"Abdominal radiograph of the same patient shows multiple linear densities compatible with charm needles are projected over the soft tissues, most prominent or extensive over the pelvis," demikian keterangan yang tertulis di jurnal yang dimuat di situs radiologycases tersebut.

Tasqia mendapatkan foto X-ray wanita dengan susuk di dalam tubuhnya itu ketika dia sedang mengerjakan laporan untuk tugas koas atau coass atau ko-asistensinya. Dia saat ini memang sedang menjalani koas di RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) Trisakti.

"Awalnya gara-gara aku ngerjain laporan kasus untuk koas aku. Topiknya benda asing dalam gambaran radiologi dan kebetulan dalam hal ini, benda asingnya fenomena susuk. Dalam radiologi, susuk ini agak jarang. Walaupun masih terbilang aneh dan scientifically unexplained, karena setiap dilakukan pembedahan, susuk nggak ditemuin dan selalu berpindah-pindah tempatnya setiap foto X-ray, jadi agak tricky," kata Tasqia.

Anak kedua dari tiga orang bersaudara itu pun menyebutkan alasannya mengunggah foto X-ray yang ditemukannya di jurnal ilmiah itu ke akun Instagramnya. "Alasannya, sama seperti yang aku bilang tadi, ini masih menjadi fenomena yang aneh dan masih banyak orang awam yang belum tahu kalau ternyata susuk bisa terlihat lewat gambaran X-ray," ujarnya.

Tasqia sendiri mengaku agak takjub saat melihat foto X-ray wanita dengan susuk di tubuh itu. Dia merasa heran karena ternyata benda magis seperti susuk benar-benar ada dan nyata.

"Benar-benar ada dan itu nyata dari X-ray yang aku lihat sendiri. Secara teori dan kebetulan aku kerja di bidang kepala dan leher banyaknya di daerah itu. Cuma untuk kasus yang viral kemarin, itu bagian panggul yang paling banyak," ucap wanita 22 tahun itu.

Mengenai pro dan kontra unggahannya, Tasqia memilih menanggapinya dengan bijak. Untuk orang yang pro alias memberikan komentar positif pada unggahannya, dia senang karena banyak orang pada akhirnya mau ikut membaca jurnal ilmiah yang dikutipnya.

Dan untuk yang kontra dengan unggahannya seperti menudingnya mencari sensasi dengan memamerkan foto x-ray wanita dengan susuk, dia memilih tidak ambil pusing. "Pro kontra wajar sih, aku nggak begitu ambil pusing. Yang aku posting itu dari jurnal, sebagai referensi," pungkas Tasqia.

(gaf/eny)