Perlakukan Bayi seperti Monyet, Influencer Ini Dikecam & Ditangkap

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 18 Agu 2020 14:41 WIB
Igor Kravtasov Foto: Instagram
Jakarta -

Seorang pria bernama Igor Kravtasov yang berasal dari Moscow dikabarkan ditahan oleh pihak kepolisian di Rusia setelah videonya di media sosial menjadi viral. Dalam video tersebut, Igor terlihat mengangkat anaknya yang masih bayi secara terbalik dengan hanya memegang salah satu kaki dari anaknya tersebut.

Tak hanya itu saja, pria yang juga menjadi influencer di media sosial itu juga mengatakan bahwa dia percaya jika bayi harus diperlakukan seperti monyet. Karena aksinya itu, sang istri pun terpaksa ikut terseret dan ditahan selama 10 hari oleh pihak kepolisian. Bahkan kini pihak layanan sosial tengah mempertimbangkan untuk mencabut hak asuh dari pasangan tersebut.

Seperti dikutip dari Daily Mail, dalam video yang viral terlihat bahwa pria berusia 35 tahun itu mengangkat bayinya yang baru berusia 6 bulan secara terbalik dengan hanya memegang salah satu kakinya, lalu mengguncangkan sang bayi. Hal itu tentu mengundang banyak kecaman, termasuk dari ahli pengasuhan anak.

Igor KravtasovIgor Kravtasov / Foto: Instagram

Mereka mengatakan bahwa memiringkan bayi dengan posisi terbalik berisiko merusak kesehatannya. Hal itu juga dapat menyebabkan leher bayi menjadi patah. Walaupun demikian, beberapa pendukung Igor terlihat membelanya dengan mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Igor itu mirip dengan yoga atau senam bayi.

"Saya memiliki pandangan sendiri tentang bagaimana memperlakukan anak-anak. Jika kita melihat monyet kecil, mereka adalah makhluk yang sangat gesit ... Kita adalah keturunan monyet, jadi kita perlu mengembangkan kegiatan ini sejak usia dini... Ini membantu pembentukan tulang yang benar. Ligamen dan persendian menjadi lebih gesit," jelas Igor.

Ahli neonatologi, Vera Pushkareva sendiri bersikeras mengatakan bahwa bayi tidak boleh diguncang-guncangkan. Hal itu dikarenakan bayi memiliki otot leher yang masih lemah dan belum dapat bekerja dengan baik serta pembuluh darahnya pun belum sempurna, sehingga mengguncangkan bayi justru bisa memicu pendarahan.

Dia juga memperingatkan bahwa persendian dan tulang pada anak-anak itu lunak. Guncangan yang sangat keras dapat menyebabkan perpindahan tulang belakang atau menyebabkan masalah lain. Oleh karena itu, saat ini sang bayi kabarnya tengah berada di rumah sakit Sochi untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

(vio/vio)