Viral, Kisah Haru Kakek Naik Motor 300 Km Demi Lihat Cucu Terakhir Kalinya

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 16 Agu 2020 17:59 WIB
Rachot Wangkahart Foto: Facebook / Rachot Wangkahart
Jakarta -

Perasaan cinta dapat membuat seseorang rela melakukan apapun demi orang yang disayanginya, sekalipun hal itu terasa sangat sulit. Seperti kakek yang satu ini. Karena rasa cintanya yang amat besar kepada sang cucu, kakek tersebut rela menempuh perjalanan sejauh 300 km dengan menggunakan motor demi bisa bertemu dengan cucunya untuk yang terakhir kali.

Kisah haru dan menyedihkan sang kakek itu diunggah oleh akun Facebook bernama Rachot Wangkahart pada Rabu (12/8/2020). Setelah diunggah di media sosial, kisahnya lalu menjadi viral dan hingga kini telah dibagikan lebih dari 7 ribu kali.

Dalam unggahan yang telah disukai oleh lebih dari 11 ribu orang dan ditulis menggunakan aksara Thailand itu, Rachot menceritakan bahwa dia bertemu dengan sang kakek ketika sedang mampir di sebuah pom bensin saat hendak pulang ke rumah. Saat itu Rachot hendak mampir ke toilet sampai akhirnya dia melihat dan bertemu oleh seorang kakek yang tengah berada di sana.

" ถึ ง ที่ แ ล้ ว แ ต่ ไ ม่ ถึ ง ห ล า น " 12/8/63 01.05 น. ณ ขอนแก่น ผมแวะเข้าห้องน้ำปั๊ม...

Dikirim oleh Rachot Wangkahart pada Rabu, 12 Agustus 2020

Karena hari sudah malam, Rachot pun penasaran dan bertanya mengapa sang kakek tidak pulang ke rumah. Kakek itu pun menceritakan kepada Rachot bahwa dirinya hendak mengunjungi pemakaman cucunya yang jaraknya cukup jauh dari rumahnya.

"Saya bertanya di mana dia tinggal, dan apa yang dia lakukan sendirian di tengah malam. Sang kakek pun menjawab,'Saya tinggal di Buriram. Saya di sini untuk pergi ke pemakaman cucu'" tulis Rachot di Facebooknya.

Sang kakek juga menceritakan bahwa dia telah mengendarai motornya sejauh lebih dari 300 km dari desa asalnya di Buriram untuk sampai ke Khon Kaen, tempat cucunya berada. Kakek itu mengaku ingin sekali bertemu dengan cucunya yang berusia 15 tahun untuk terakhir kalinya, sebelum sang cucu dimakamkan.

Kabarnya, cucunya itu meninggal karena sebuah kecelakaan yang membuatnya tenggelam secara tragis. Lebih menyedihkannya lagi, sang kakek juga mengatakan bahwa dia tidak ingin mengganggu keluarganya yang berada di Khon Kaen, sehingga dia bermaksud untuk mencari penginapan untuk sementara waktu walaupun hanya berbekal uang sekitar Rp 143 ribu.

Tadinya sang kakek hendak menginap di kantor polisi atau kuil terdekat. Tetapi karena dia merasa kurang nyaman dan tidak terbiasa dengan tempat tersebut, maka kemudian dia memutuskan tidur di samping sepeda motornya di pom bensin. Walaupun demikian, sang kakek mengatakan kepada Rachot agar tidak perlu mengkhawatirkan dirinya.

Namun karena merasa iba, Rachot akhirnya memutuskan untuk memberikan sejumlah uang bagi sang kakek. Kakek itu pun merasa terharu hingga berlinang air mata dan berjanji akan menghubungi Rachot ketika dirinya telah kembali dengan selamat ke Buriram.

Dalam unggahannya yang viral itu, Rachot juga membagikan beberapa foto-foto sang kakek yang terlihat sedang bersama motor berwarna oranye miliknya. Tidak sedikit netizen yang kemudian memberikan komentar dan memuji kebaikan hati Rachot.

"Kakek beruntung, bertemu orang baik. Yang sekarang sedang dicari semoga kamu makmur aku menghargaimu," komentar salah seorang netizen.

"Terima kasih atas kebaikanmu ... senang melihatmu. Kamu adalah orang yang sangat baik. Saya menghargainya," komentar netizen lain.

(vio/vio)