Cerita Bintang Aquaman Yahya Abdul-Mateen, Tolak Ganti Nama Demi Hollywood

Hestianingsih - wolipop Kamis, 30 Jul 2020 11:24 WIB
Yahya Abdul-Mateen II saat membintangi film Aquaman. Yahya Abdul-Mateen II saat membintangi film 'Aquaman'. Foto: istimewa
Jakarta -

Yahya Abdul-Mateen II berperan sebagai villain dalam film garapan Hollywood 'Aquaman'. Memainkan David Kane alias Black Manta melambungkan namanya dan membatnya mendapat peran penting di sejumlah film sukses seperti 'Us' dan kini ia juga terlibat dalam produksi 'The Matrix 4'.

Ada cerita menarik dalam karier Yahya ketika dia memasuki dunia perfilman Hollywood. Pria 34 tahun ini sempat diminta mengganti nama, dengan nama panggung Yahya Mateen. Yang artinya, dia harus menghapus nama tengahnya Abdul.

Namun Yahya menolak permintaan itu. Sebab jika menghapus nama tengahnya berarti sama saja dengan tdak menghormati nama ayahnya.

Yahya dan sang ayah memang berbagi nama yang sama. Nama sang ayah pun Yahya Abdul-Mateen.

"Ayah saya (Yahya Abdul-Mateen) berdoa untuk orangtuanya setiap hari dan membawa (nama mereka) sepanjang perjalanan (hidup). Saya hanya berharap bisa melakukan hal yang sama, dan satu hal yang bisa saya lakukan adalah mempertahankan nama tengah, karena itu berarti kamu harus mengakui nama depan juga: ayah saya," kata Yahya, seperti dikutip dari Female First.

SYDNEY, AUSTRALIA - MAY 18:  Yahya Abdul-Mateen attends the Australian premiere of 'Baywatch' at Hoyts EQ on May 18, 2017 in Sydney, Australia.  (Photo by Brendon Thorne/Getty Images for Paramount Pictures)Yahya Abdul-Mateen II. Foto: Brendon Thorne

Selain itu mempertahankan nama lengkapnya sebagai Yahya Abdul-Mateen juga membantunya menginspirasi artis-artis lain yang sempat terpikir untuk mengganti nama jadi lebih 'sesuai' dengan lingkungan Barat. Sebab mencari nama untuk anak tidak didapatkan dalam sehari-dua hari.

"Nama saya bukanlah nama yang dipilih acak begitu saja - Yahya Abdul-Mateen II bukan John Wayne, bukanlah pria yang (namanya) ada di papan pertunjukan. Dan itulah kenapa (keputusan tak mengganti nama) sangat menginspirasi orang-orang," ujarnya.

Yahya mengatakan bahwa dirinya kerap kali menerima pesan teks dengan ucapan terima kasih karena telah memilih untuk mempertahankan nama aslinya.

"Saya selalu dapat pesan yang mengatakan, 'Terima kasih, teman, untuk merepresentasikan kami para Muslim. Saya sempat terpikir untuk ganti nama, tapi setelah melihatmu, saya tidak akan pernah menggantinya,'" tutur pria kelahiran New Orleans, Amerika Serikat ini.

Yahya Abdul-Mateen II merupakan anak dari pasangan Yahya Abdul-Mateen yang seorang Muslim dan Mary, beragama Kristen. Selain 'Aquaman' dia juga membintangi 'Candyman' dan 'The Trial of the Chicago'.



Simak Video "Tips Outfit Denim untuk Plus Size"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)