Shandy Aulia Diserbu Kritik karena Berikan Bayinya MPASI di Usia 4 Bulan

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 14 Jul 2020 12:54 WIB
Shandy Aulia Foto: Instagram @shandyaulia/Shandy Aulia memberikan anaknya, Claire, MPASI di usia empat bulan.
Jakarta -

Aktris Shandy Aulia diserbu kritikan setelah mengunggah video di YouTube soal pemberian MPASI untuk bayinya Claire Herbowo yang berusia empat bulan. Shandy dianggap memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) terlalu dini untuk Claire.

Dalam konten YouTube terbarunya berjudul 4 Bulan Sudah MPASI?!, Shandy Aulia mengungkapkan panjang lebar mengenai alasannya memberikan bayinya Claire makanan pertamanya selain ASI di saat sang anak belum berusia enam bulan. Wanita 33 tahun itu mengaku sudah berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan Claire MPASI.

"Awalnya aku juga cukup bingung, tapi aku banyak konsultasi dokter dan baca. Dokter anak yang selama ini menangani Claire bilang Claire sangat dipersilakan sebelum enam bulan. Karena daya mengecapnya sudah baik dan Claire sudah mau. Tapi kembali lagi setiap anak berbeda-beda tidak bisa disamakan," tutur Shandy di video YouTube yang diunggahnya pada 11 Juli 2020.

Shandy Aulia menegaskan dirinya memberikan Claire MPASI di usia empat bulan hampir lima bulan karena sudah diizinkan oleh dokter anaknya. Dia juga konsultasi ke dokter gizi mengenai MPASI ini.

Shandy AuliaShandy Aulia dan putrinya Claire. Foto: Instagram @shandyaulia

"MPASI pertama setelah ke dokter gizi anak, aku memilih avocado. Karena lunak dan banyak gizinya. Ini akan jadi makanan pertama dalam kehidupan Claire," ujar bintang film Eiffel I'm In Love itu.

Selain alpukat, untuk MPASI pertama Claire, Shandy Aulia juga menambahkan ASI dan madu. Shandy mengaku menggunakan madu yang sudah melalui proses penyaringan, bukan madu yang benar-benar murni.

"Ini hanya sedikit saja, jangan terlalu manis. Kenapa sedikit? Karena ini hanya untuk perasa supaya si baby nyaman juga dan tetap enak. Karena kalau rasanya hambar dan plain aja kurang enak ya. Seperti kita juga orang dewasa kalau rasanya plain, nggak mood makan. Harus kira-kira ya moms jangan too much," kata istri dari David Herbowo itu panjang lebar.

Konten Shandy Aulia ini langsung diserbu komentar para ibu yang mengkritik aksi bintang film cantik itu. Baik di halaman komentar YouTube maupun Instagram penuh dengan kritikan untuk Shandy. Ada yang mengkritik karena Shandy memberikan anaknya MPASI di usia empat bulan, di mana saran dari pemerintah Indonesia adalah enam bulan. Ada juga yang mengkritik aksi Shandy mencampurkan madu pada MPASI bayinya. Selain kritikan ada juga mereka yang memberikan imbauan untuk para ibu agar tidak mengikuti apa yang ditampilkan Shandy di YouTube.

[Gambas:Instagram]



"As a nutritionist, cuman mau pesen buat ibu ibu yang nonton video ini. Asi eksklusif itu definisinya adalah memberikan ASI SAJA tanpa makanan or minuman lain ya ☹️ jadi kalau sebelum 6 bulan dikasi mpasi itu namanya BUKAN asi eksklusif. Buibu mohon dicermati kalau bayi nya pertumbuhannya bagus (dilihat dari grafik kms) dan penambahan BB nya sesuai kbm mohon gausah kasi mpasi dini, krn pemerintah menetapkan 0-6 bulan hanya asi saja juga ga asal asalan gais, sudah diskusi dgn banyak pakar. Dan untuk ibu ibu yg anaknya masih dibawah 6 bulan kemudian kbm(kenaikan bb minimal) ga tercapai or grafiknya turun, please langkah terbaik coba dikroscek pola makan ibu ibu, sudahkah seimbang? Sudahkah gizinya tercukupi? Sudahkah cara menyusuinya benar?Sudahkan minum minimal 8 gls? Karna asi itu zat gizinya tergantung apa yg ibunya makan dan juga sumber makanan terbaik bagi bayi, jangan egois kurusin bb pasca lahiran tapi anak jd korban ☹️☹️ kalau mmg sudah usaha tp blm berhasil silakan ke puskesmas aja disana konsul ahli gizi itu harganya lebih murah dibanding beli rokok, atau kalau mmg punya rezeki lebih silahkan ke dsa. Disini ga ada maksud hate or niat jelek sm videonya mba shandy. Hanya meluruskan saja krn banyak ibu ibu yg masih awam dan minim info asi eksklusif. Dan tolong jangan komen "anakku mpasi 4 bln juga sehat sehat aja or diluar negeri gapapa loh or anakku juga sehat loh mpasi dini". Kita punya panduan dr kemenkes yg di websitenya banyak bgt informasi yg disediakan, kita punya banyak ahli gizi di setiap kabupaten. Coba meleknlihat RPJM Nasional 2020-2024, ayok kita dukung pemerintah indonesia menangani masalah kesehatan. Kalau mau berdalih who 4 bulan mpasi COBA DICEK TAHUN BERAPA PANDUANNYA, WHO ITU NGUPDATE LOH, dan juga kondisi luar negeri dan indonesia itu beda dr segi sanitasi, ekonomi dan tersedianya faskes jd jgn samakan dgn luar yah buibu, jgn mjdi contoh yg kurang baik bagi ibu ibu lain 😌 DISINI SAYA KECEWA DGN MBAK SHANDY KRN SEENAKNYA MENAFSIRKAN KATA ASI EKSKLUSIF, SHANDY INI PUBLIC FIGUR JD MOHON DITELAAH KEMBALI PENGERTIAN ASI EKSKLUSIF. DITENGAH NEGARA LG BERJUANG MENINGKATKAN CAPAIAN ASI EKSKLUSIF INI WARGANYA SEENAK NYA MENAFSIRKAN ASI EKSKLUSIF," demikian salah satu komentar dari pengguna YouTube bernama Diah Sekar yang menyebut dirinya sebagai pakar gizi.

"Jangan dijadikan patokan y ibu2, bukan berarti apa yg dilakuin shady terhadap baby claire cocok dgn kondisi baby lain.. karna kondisi baby beda2 casenya.. tetep kudu konsul dsa..," tulis pengguna YouTube dengan nama akun Fitria.

"Bisa tolong jelaskan kenapa dikasih madu? Ada jurnal ilmiah terbaru untuk ini? Karna setau saya berbahaya untuk anak dibawah 1 tahun. Klo mpasi 4 bulan sih gpp (sdh banyak dokter2 mempertimbangkan ini dan bukan masalah)," tulis pengguna YouTube dengan nama akun mama nisa.

"Alangkah lebih baik kalo yg pertama bikin bubur dari tepung beras campur asi, bikinnya juga harus encer seperti susu mbak sandy, kasian usus anak belum tahan dikasih makansekental itu, dan madu jangan dulu kalau belum setahun, plis jangan," tulis pengguna YouTube dengan nama akun dyn dyn.

Shandy Aulia sendiri melalui postingan di Instagramnya kembali menegaskan usia anaknya kini empat bulan memasuki lima bulan. Keputusan memberikan bayinya MPASI di usia empat bulan dilakukannya setelah berkonsultasi dengan dokter anak dan dokter gizi anak.

Shandy Aulia melahirkan putri pertamanya Claire Herbowo pada 12 Februari 2020. Sang anak lahir setelah delapan tahun pemiliki label busana Shandy Aulia Collection itu sempat menunda punya anak. Shandy menikah dengan suaminya David Herbowo pada 12 Desember 2011.



Simak Video "Tips Outfit Denim untuk Plus Size"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/hst)