Wanita Tempuh Perjalanan 8 Jam Demi Antar Penumpang Pejuang Corona Pulang

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 07 Jul 2020 08:15 WIB
Laibi Oinam Laibi Oinam / Foto: dok. Indian Express
Jakarta -

Virus Corona telah menimbulkan kepanikan dan ketakutan bagi banyak orang. Sekalipun pasien Corona telah dinyatakan sembuh, pastinya masih ada kekhawatiran untuk mendekati atau bahkan bertemu secara langsung dengan pasien tersebut karena takut tertular. Namun tidak demikian dengan seorang wanita asal India yang satu ini.

Seperti dikutip dari Indian Express, wanita bernama Laibi Oinam itu memilih untuk mengesampingkan kekhawatirannya dan membantu seorang pasien, Somichon Chitung, yang baru saja dinyatakan sembuh dari virus Corona untuk pulang ke rumahnya. Di saat tidak ada orang lain yang bersedia mengantarkan Somichon, Laibi dengan sukarela menawarkan bantuannya.

"Saya membayangkan jika saya berada di posisinya. Jika tidak ada satu orangpun yang bersedia mengantarkannya pulang, bagaimana dia bisa sampai?," kata Laibi.

Laibi mengantarkan Somichon beserta ayah dan pamannya dari Manipur menuju Kolkata menggunakan bajaj. Jarak dari rumah sakit tempat perawatan Somichon di Imphal's Jawaharlal Nehru Institute of Medical Sciences menuju tempat tinggal Somichon sekitar 140 km.

Dengan ongkos yang telah disepakati keduanya, yaitu sekitar Rp 969 ribu, perjalanan pun akhirnya ditempuh selama 8 jam, mulai dari 31 Mei malam sampai 1 Juni pagi. Menurut Laibi, ini adalah perjalanan terjauh dan tersulit yang perah dilewatinya.

Laibi OinamLaibi Oinam Foto: dok. Indian Express

"Saya tidak bisa berhenti berterima kasih padanya," jelas Somichon.

Somichon mengatakan bahwa wanita 52 tahun itu benar-benar membuatnya merasa nyaman selama perjalanan. Laibi tidak mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang membuat Somichon terganggu. Laibi justru terlihat penasaran ingin mengetahui lebih banyak mengenai COVID-19, seperti apa yang dirasakan Somichon, makanan dan perawatan apa yang diterimanya.

Berkat keberanian dan kemurahan hati Laibi, akhirnya Laibi mendapatkan penghargaan dari ketua menteri Manipur berupa uang tunai sebesar Rp 21 juta. Penghargaan tersebut disponsori oleh beberapa pengusaha dan ekspatriat Manipuri.



Simak Video "Ritual Khusus Sang Pemilik Janggut Terpanjang di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)