Cerita Wanita Yogya Viral karena Kebaikannya Beri Makan Orang Gangguan Jiwa

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 01 Jul 2020 18:14 WIB
Luluatul Mustaghfiroh Foto: Dok. pribadi Lu'lu'atul Mustaghfiroh
Jakarta -

Wanita yang bernama Lu'lu'atul Mustaghfiroh atau biasa dipanggil Lulu mendadak viral usai membagikan pengalamannya melakukan kebaikan memberikan makanan ke orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lima ekor anak kucingnya.

"Udah hampir 2 minggu ini sharing makanan sm orang dg gangguan jiwa yg hidup menggelandang. Dia punya basecamp dg atap pohon bambu di belakang casa grande. Jogja," tulisnya @LuLuMustt, pada Jumat (26/6/2020).

Orang dengan gangguan jiwa yang ditolongnya itu tepatnya berada di kawasan perumahan Casa Grande, Yogyakarta. Pria bernama Kris tersebut hidup di dekat tempat pembuangan sampah bersama lima kucing.

Lulu pun tak menyangka bahwa postingannya menjadi viral di media sosial. Ia awalnya hanya ingin menceritakan pengalamannya pribadi saat membantu ODGJ dan kelima kucing tersebut.

"Sebenarnya cerita tentang ini tuh aku nggak kepengin viral atau gimana. Saya ingin berbagi pengalaman saja karena sebelum-sebelumnya saya juga membantu orang tapi nggak diceritain. Yang kemarin mungkin viral karena habis bantuin mas itu terus aku dapat rezeki, terus jadi viral," katanya malu saat dihubungi Wolipop, Selasa (30/6/2020).



Wanita yang berusia 29 tahun ini pun menyebutkan alasannya mengunggah video tersebut. "Aku dapat kiriman dari suamiku di Facebook, ada orang yang nemuin kucing di belakang Casa Grande itu mirip dengan kucing-kucing yang biasanya aku kasih makan. Cuman sayangnya orang yang nemuin kucing ini, mungkin nggak tahu kalau si kucingnya ini hidup sama orang. Jadinya aku kepengin kasih tahu orang-orang kalau kucing ini tidak hidup sendiri. Terus malah akhirnya viral. Selain itu aku juga kepengin orang yang lewat situ dan melihat mas Kris ikut bantu. Ternyata dia tidak gangguan jiwa seperti yang kita pikirkan, dia hanya depresi dan butuh perhatian khusus dan juga teman ngobrol. Jadinya saya salah sangka awalnya," tuturnya.

Lulu menceritakan sebelumnya dia kerap melihat sosok pria yang disebutnya dengan Mas Kris itu saat melewati rutenya pulang. Mas Kris biasanya duduk di pinggir jalan dengan wajah sedih.

"Wajahnya sedih, nelangsa dan bikin kasihan deh. Terus akhirnya aku bilang sama suami untuk memberikan makanan, setiap aku bawa makanan dianya malah nggak ada dan saat aku lagi nggak bawa makanan dia selalu terlihat, jadi seperti belum jodoh gitu," ujarnya.

Hingga akhirnya, Lulu memutuskan untuk membawa motor sendiri dan mencari mas Kris. Setelah mencari dengan susah payah dia berhasil menemukan pria tersebut. Yang membuat Lulu merasa terenyuh ketika mendapatkan fakta bahwa mas Kris hidup berdampingan dengan lima anak kucing.

"Karena aku cat lover, orang yang terbatas seperti itu pun tetap sayang sama binatang. Akhirnya mulai besok karena saya sudah tahu tempatnya dimana dan pasti pulang, saya bawain makanan, nasi bungkus, air mineral dan makanan kucing itu sekitar hampir dua minggu dan bikin thread di Twitter," jelasnya.



Simak Video "Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)