Adik Ipar George Clooney Dikritik karena Jual Masker Rp 400 Ribuan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 17 Mar 2020 17:02 WIB
Tala Alamudin dikritik karena jual masker Rp 400 ribuan Tala Alamudin dikritik karena jual masker Rp 400 ribuan. Foto: Dok. Totally Tala
Jakarta -

Adik ipar George Clooney jadi perbincangan terkait virus Corona. Bukan karena dia menjadi suspect atau positif virus Corona, tapi produk fashion yang dipasarkannya.

Tala Alamuddin, adik dari Amal Clooney, dihujani kritik karena menjual masker dan tas penyimpan hand sanitizer dengan harga mahal. Masker dan tas tersebut dibanderol USD 33 - USD 35 atau sekitar Rp 497 ribu - Rp 527 ribu.

Masker dan tas hand sanitizer dijual di online shop resminya, Totallytala.com. Produk yang diberi nama Le Masque ini tersedia dalam tiga motif dengan enam pilihan warna. Ada motif leopard, loreng army dan polos. Sementara tas hand sanitizer terdiri dari motif leopard dengan belasan pilihan warna dan motif.

"Mari hadapi bersama. Dalam situasi dunia yang tak terduga ini, di mana perjuangan melawan elemen menjadi kekhawatiran setiap hari, kami melindungi Anda dengan Le Masque: masker wajah yang dirancang khusus untuk kenyamanan," demikian ditulis pada keterangan produk.

Adik Ipar George Clooney Dikritik karena Jual Masker Seharga Rp 400 RibuanTala Alamudin dikritik karena jual masker Rp 400 ribuan. Foto: Instagram/@totallytala


Dalam keterangannya Tala juga menjelaskan bahwa hasil penjualan produk Le Masque akan disumbangkan ke Palang Merah Singapura. Donasi rencananya digunakan untuk membantu mereka yang terdampak virus Corona.

Namun niat baik Tala Alamuddin mendapat kritikan. Ibu satu anak ini dinilai tidak peka terhadap situasi genting yang sedang terjadi saat ini, karena merilis produk fashion dengan harga tinggi. Terlebih lagi masker yang dijualnya belum terbukti secara medis bisa menangkal penularan virus Corona.

"Menurutku ini benar-benar norak karena dia mengeksploitasi wabah virus Corona hanya untuk mendapatkan untung," tulis salah satu netizen.

Menurutnya menjadikan masker wajah menjadi aksesori fashion bukanlah tindakan yang bijak. Ditambah lagi masker-masker tersebut bukanlah masker medis yang berfungsi melindungi.

Adik Ipar George Clooney Dikritik karena Jual Masker Seharga Rp 400 RibuanTala Alamudin dikritik karena jual masker Rp 400 ribuan. Foto: Instagram/@totallytala


"Dia memanfaatkan ketakutan orang untuk menghasilkan uang, dan itu menjijikan," kritik netizen lagi, seperti dikutip dari Page Six.

"Ini termasuk N95 bukan? Bisa melindungi dar virus atau cuma benda fashion??" cecar netizen lainnya di Instagram.

"Tidak peka," kritik netizen lagi.

Menanggapi kritik yang dialamatkan padanya, Tala mengatakan bahwa masker merupakan produk yang sudah biasa digunakan dalam aktivitas rumah tangga kebanyakan orang Asia. Dia pun menjelaskan bahwa dirinya memang tidak pernah mengklaim kalau masker yang dijualnya itu sudah bersertifikat medis.

"Orang Asia menggunakan masker untuk melindungi dari udara dingin, polusi dan setelah operasi plastik. Masker kami memang bukan jenis N95, dan hanya sebagai pelindung dari bersin dan pilek... tapi juga tidak bersertifikasi secara medis," jelas Tala kepada Hello Magazine.

Masker dan tas hand sanitizer-nya sendiri bukan termasuk dalam produk ready stock, tapi pre-order. Setelah dipesan, produk tersebut baru siap dikirim 8 sampai 12 minggu kemudian.



Simak Video "Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)