Perangi Rasis Terkait Virus Corona, Video Aksi Menyentuh Pria China Viral

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 08 Feb 2020 14:03 WIB
WUHAN, CHINA - FEBRUARY 03:  (CHINA OUT) A person wears a protective mask as he walks down an empty street on February 3, 2020 in Wuhan, Hubei province, China. The number of those who have died from the Wuhan coronavirus, known as 2019-nCoV, in China climbed to 361 and cases have been reported in other countries including the United States, Canada, Australia, Japan, South Korea, India, the United Kingdom, Germany, France, and several others.  (Photo by Getty Images) Petugas membersihkan jalanan Wuhan di Provinsi Hubei, China, menyusul mewabahnya virus corona. (Foto: Getty Images)
Roma -

Seorang pria China-Italia jadi viral karena membuat video menyentuh dalam menanggapi rasisme dan diskriminasi yang dihadapi oleh banyak orang Asia di seluruh dunia di tengah wabah virus corona.

Pada video yang di-posting oleh kelompok yang disebut Serikat Pemuda Italia-China, Massimiliano Martigli Jiang terlihat berdiri di sebuah tempat di Florence, Italia mengenakan penutup mata dan masker bedah. Di sampingnya ada papan nama bertuliskan dalam bahasa Italia, China, dan Inggris.

Perangi Rasis karena Virus Corona, Video Aksi Menyentuh Pria China ViralWarga Wuhan tetap beraktivitas meski dibayangi ancaman virus corona. (Foto: Getty Images)


"Saya bukan virus. Saya seorang manusia. Berantas prasangka ini," begitu tulisannya

"Virus yang benar-benar membuat kami takut sekarang bukanlah virus corona, tetapi prasangka yang ada di udara. Hapus coronavirus tetapi bukan orang-orang! "Tulis kelompok itu dalam keterangan seperti dilansir Nextshark.





Beberapa orang yang melihatnya berpose di sebelah Jiang untuk mengambil gambar, sementara yang lain memilih untuk melepas masker dan penutup matanya untuk memeluknya. Saat wawancara dengan Firenze Today, Jiang mengungkapkan bahwa kelompoknya mengumpulkan uang untuk menyumbangkan masker untuk membantu korban China.

Video yang memperlihatkan aksi Jiang ini merupakan tanggapan terhadap serangkaian insiden rasis dan Sinophobia di seluruh Italia. Menurut laporan ada beberapa wisatawan China diludahi di Venesia. Tak hanya itu, Konservatorium Santa Cecilia Roma juga melarang semua siswa keturunan Asia Timur.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)