Biaya Pengamanan Harry dan Meghan Rp 23 M, Kanada Belum Tentu Mendanai

Hestianingsih - wolipop Selasa, 14 Jan 2020 08:47 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. Foto: DANIEL LEAL-OLIVAS - WPA Pool/Getty Images
Jakarta - Ratu Elizabeth II telah mengumumkan bahwa Kerajaan Inggris mengizinkan Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal paruh waktu di Kanada. Nantinya mereka akan tinggal bergantian antara Inggris dan negara di mana Meghan Markle dibesarkan itu.

Izin itu diberikan setelah Ratu Elizabeth II menggelar pertemuan khusus dengan keluarga kerajaan lainnya di tanah pribadi Sandringham di Inggris Timur. Ayah Pangeran Harry, Pangeran Charles dan kakaknya, Pangeran William juga hadir dalam pertemuan itu.

Keinginan untuk tinggal di Kanada sebelumnya disampaikan Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mengumumkan mundur dari anggota senior Kerajaan. Setelah akhirnya diizinkan tinggal di Inggris dan Kanada, timbul lagi pertanyaan dari publik, bagaimana pembiayaan keamanan saat keduanya bolak-balik Inggris-Kanada, atau ketika mereka tinggal di negara Amerika Utara itu?


Biaya Pengamanan Harry dan Meghan Rp 23 M, Kanada Belum Tentu MendanaiPerdana Menteri Kanada Justin Trudeau disebut pernah berjanji pada Ratu ELizabeth II akan mendanai biaya pengamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle selama tinggal di Kanada. Foto: Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP

Sebelumnya Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disebut sudah berjanji pada Ratu bahwa Kanada akan membantu mendanai pengamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Justin Trudeau juga menjamin keamanan Duke dan Duchess of Sussex, beserta anak mereka Archie, selama tinggal di negaranya.

Seperti dilaporkan Evening Standard, anggaran biaya pengamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkirakan mencapai USD 1,7 juta atau sekitar Rp 23 miliar per tahun yang diambil dari wajib pajak warga Kanada. Namun kini pemerintah Kanada lewat Menteri Keuangan Bill Morneau menyatakan belum tentu akan membiayai pengamanan mereka.

"Belum, kami belum punya waktu memikirkan masalah ini. Kami jelas ingin selalu memastikan, sebagai anggota Persemakmuran, kalau kami akan ikut berperan. Tapi kami belum ada diskusi soal itu sekarang," kata Bill, seperti dilansir Daily Mail.
Biaya Pengamanan Harry dan Meghan Rp 23 M, Kanada Belum Tentu MendanaiRatu Elizabeth II telah mengizinkan Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal paruh waktu di Kanada. Foto: AP Photo/Matt Dunham


Sementara itu juru bicara Justin Trudeau menolak memberikan tanggapan soal ini. Pembiayaan keamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle dinilai bisa menimbulkan kekhawatiran di antara publik Kanada karena jumlahnya yang cukup besar.

Dikhawatirkan, hal ini bisa menyebabkan konflik dan merusak status monarki Inggris di negara tersebut. Pangeran Harry dan Meghan Markle pun dituntut agar mereka membiayai pengamanan mereka dengan uang sendiri selama berada di Kanada.



Simak Video "Pernyataan Resmi Ratu Elizabeth Terkait Harry-Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)