Kronologi Sebelum Pangeran Harry Umumkan Mundur Jadi Anggota Senior Kerajaan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 10 Jan 2020 13:04 WIB
Foto: John Stillwell - WPA Pool/Getty Images
Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris. Sebuah keputusan mengejutkan, bahkan dari pihak istana sendiri.

Niat Pangeran Harry dan Meghan Markle ini sebenarnya bukanlah sebuah keputusan yang mendadak. Melainkan sudah dibicarakan sebelumnya dengan Ratu Elizabeth II. Namun Sang Ratu menginstruksikan dengan tegas agar Harry dan Meghan tidak dulu mengumumkan niat mereka berhenti jadi anggota keluarga senior ke publik.

Ketika akhirnya pengumuman itu muncul pada Rabu (8/01/2020), Ratu Elizabeth II pun dikatakan merasa kecewa. Seorang sumber yang dekat dengan lingkaran anggota senior Kerajaan Inggris pun membeberkan kronologi hingga detik terakhir sebelum Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan mundur.

Berikut kronologinya, seperti dilansir Standard:

1. Sehari sebelum Natal (24/12/2019), Pangeran Harry menghubungi Pangeran Charles untuk memberitahu bahwa dia dan keluarga kecilnya akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka di Kanada dan Amerika. Namun Pangeran Charles mengatakan agar dia pikir-pikir lagi soal rencananya itu.

2. Pada pagi hari di Tahun Baru (1/01/2020), Pangeran Harry mengirimkan draft proposal tentang perannya sebagai anggota Kerajaan di masa depan. Lagi-lagi, pria 34 tahun ini kembali diinfokan bahwa pihak Istana harus mengkaji lebih jauh lagi, karena prosesnya akan sangat rumit, terutama mengenai pendanaan.

3. Pangeran Harry meminta pertemuan dengan Ratu di Sandringham, segera setelah dia, Meghan Markle, dan anak mereka Archie, pulang dari luburan Natal di Kanada. Namun Ratu Elizabeth II menolak.

4. Melalui perwakilannya, Ratu Elizabeth II menyampaikan kalau dia akan sangat senang bertemu dengan cucu dan cicitnya. Tapi tidak untuk membahas permintaan Harry, sebelum dia mendiskusikan rencananya lebih detail kepada Pangeran Charles.

5. Rencana pertemuan Pangeran Harry dan Ratu Elizabeth II dihalangi oleh orang-orang istana. Tapi Sang Ratu kembali menegaskan dan memperjelas agar cucu keduanya itu jangan dulu mengumumkan ke publik soal rencana masa depannya tersebut dalam waktu dekat.

6. Seolah tak mempedulikan perintah neneknya, Pangeran Harry nekat membuka rencananya ke publik tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dia hanya mengirimkan salinan pernyataan resminya kepada Pangeran Charles dan Pangeran William 10 menit sebelum merilisnya di Instagram @sussexroyal. Dikatakan bahwa suami Meghan Markle ini juga tidak berkonsultasi terlebih dahulu perihal perilisan itu.

7. Akibat tindakannya itu, pihak istana disebut sudah memberi peringatan pada keduanya. Isi peringatan itu, "Harry dan Meghan akan dihukum karena sudah melakukan ini."

Simak Video "Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/ami)