Liputan Khusus Fans Kpop

Tak Ingin Bebani Ortu, Cerita Anak SMA Jualan Keripik untuk Beli Album BTS

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 28 Des 2019 16:58 WIB
Para personel BTS. Foto: Dok. Instagram
Jakarta - Banyak penggemar KPop yang masih duduk di bangku sekolah. Meski belum punya penghasilan, hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk mengoleksi album hingga nonton konser idola. Tak ingin membebani orang tua, beberapa fans idol Korea menyisihkan uang jajan untuk bisa mendapatkannya. Salah satu bucin KPOp yang masih SMA pun mengungkap cara uniknya.

Adalah Noviana, seorang pelajar SMA di Kalimantan Timur yang punya cara nabung tersendiri ketika ingin membeli album idol favoritnya, BTS. Sebelumnya, Noviana mengaku tidak terpikir untuk mengoleksi album apalagi memang belum punya penghasilan untuk membelinya. Tapi ketika BTS merilis album Love Yourself: Answer beberapa waktu lalu, ia bertekad untuk menyisihkan uang jajan sekaligus berjualan kecil-kecilan.

Kepada Wolipop, Noviana mengaku tidak ingin meminta uang kepada ibunya yang orangtua tunggal. Karenanya, gadis 16 tahun ini berusaha untuk mengumpulkan uang sendiri dari uang jajannya sehari-hari. "Pagi-pagi tiap mau berangkat aku beli air minum dua botol karena memang banyak minum. Sampai sekolah aku usahain nggak ke kantin sama sekali. Kalau ke kantin biasanya aku belanjakan Rp 5 ribu buat beli soto. Sisanya Rp 10 ribu buat ditabung," katanya.


"Nah yang paling ekstrem aku nabung pernah sampai cuma minum doang nggak ke kantin. Karena kadang memang nggak nafsu makan juga. Sampai rumah baru makan," tambah Noviana.
Tak Ingin Bebani Ortu, Cerita Anak SMA Jualan Keripik untuk Beli Album BTSKonser BTS. Foto: Istimewa

Noviana mengaku mulai menabung sejak kelas delapan. Selain dengan menghemat uang jajan semaksimal mungkin, remaja asal Jawa Timur itu pernah juga berjualan untuk mendapatkan pemasukan. "Keuangan lagi minim dan aku cuma punya mamak karena bapak udah meninggal jadi aku pernah jualan keripik usus. Untung jualan aku simpen," ungkapnya.

Sebenarnya, niat awal Noviana untuk menabung adalah untuk membantu orangtua termasuk untuk tidak meminta uang kepada mereka ketika ada keinginan. Belum punya rekening, uang tabungan Noviana pun disimpan di sebuah tas kecil yang menurutnya harus penuh sebelum bisa membeli sesuatu. Trik lain yang dilakukan Noviana adalah dengan jangan menghitung uang tabungan.
Tak Ingin Bebani Ortu, Cerita Anak SMA Jualan Keripik untuk Beli Album BTSPara personel BTS. Foto: Dok. Instagram

"Aku kayak berambisi tasnya harus penuh dengan uang yang aku tabung jadi agak seru juga nabungnya. Nggak ditaro celengan yang penting niatnya dan nggak diambilin. Terus jangan dihitungin uangnya. Biar kamu penasaran kira-kira kekumpul berapa dan selalu berpikir kalau nabungnya masih sedikit jadi tiap hari termotivasi," saran Noviana.


Noviana mengakui cara menabungnya cukup ekstrem sehingga tidak menyarankan semua orang untuk mengikuti. Selain itu, ia juga menganjurkan untuk para pelajar agar punya waktu istirahat. Tidak masalah sesekali menggunakan uang demi kesenangan kecil.

"Ada waktunya untuk rest setelah nabung berkepanjangan. Kalau aku rest time itu di mana dalam seharian bisa beli apa aja pakai untuk beli bakso, bubble tea, es krim, dan lain-lain," pungkasnya.

Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)