7 Fakta Marie Fredriksson 'Roxette' yang Meninggal karena Kanker

Hestianingsih - wolipop Rabu, 11 Des 2019 08:45 WIB
Marie Fredriksson, vokalis Roxette meninggal dunia. Foto: Getty Images
Jakarta - Marie Fredriksson vokalis Roxette meninggal dunia di usia 61 tahun, Senin (9/12/2019). Ia tutup usia setelah 19 tahun berjuang melawan kanker otak.

Seperti dilansir Heavy, Marie Fredriksson meninggal akibat komplikasi tumor otak yang telah dideritanya sejak 2002. Penyanyi asal Swedia ini meninggalkan sang suami Mikael Bolyos serta dua anaknya, Josefin dan Oscar.

Semasa hidupnya Marie Fredriksson dikenal sebagai salah satu vokalis dengan suara paling khas, khususnya di dunia musik pada era '80-an sampai sekarang. Beberapa tembang yang paling populer dari Roxette di antaranya 'The Look', 'Listen To Your Heart' dan 'It Must Have Been Love'.

Marie Fredriksson telah tiada, tapi karya-karyanya semasa hidup tak akan pernah mati. Ini dia beberapa fakta tentang wanita yang selalu tampil dengan rambut bondol itu.


1. Marie Fredriksson Didiagnosa Tumor Setelah Jatuh dari Kamar Mandi
Marie Fredriksson bersama rekannya di band Roxette, Per Gessle. Foto: Instagram/@realroxette

Marie Fredriksson mengetahui kalau dia menderita tumor otak pada 2002 setelah jatuh dan kepalanya terbentur wastafel di kamar mandi. Kala itu manajer Marie Fredriksson mengatakan ia melakukan serangkaian tes dan ditemukan adanya tumor kecil di belakang kepalanya.

2. Kondisi Kesehatan Marie Fredriksson Membuat Roxette Pensiun
Marie Fredriksson bersama rekannya di band Roxette, Per Gessle. Foto: Getty Images

Pada 2016 lewat laman Facebook, Roxette mengumumkan kalau mereka akan pensiun dari konser tur karena kondisi Marie Fredriksson. Konser terakhir band rock yang dibentuk pada 1986 ini berlangsung di Cape Town, Afrika Selatan, 8 Februari 2016.


3. Sempat Mengalami Remisi
Marie Fredriksson bersama rekannya di band Roxette, Per Gessle. Foto: Getty Images

Pada 2012, Marie Fredriksson mengejutkan penggemar dengan kabar menggembirakan saat tampil di konser di Los Angeles. Kepada CBS News, Marie Fredriksson mengatakan kalau dia sudah mengalami remisi atau berhasil melawan kanker setelah menjalani operasi, kemoterapi dan radiasi.

"Puji Tuhan sudah berakhir... Itu sangat, sangat sulit. Tapi saya di sini. Saya belum mati. Ketika aku sangat, sangat sakit, kami semua sungguh takut," kata Marie Fredriksson kala itu.

4. Kolaborasi dengan Suami
Penampilan Marie Fredriksson saat tampil di salah satu konser. Foto: istimewa

Selain berduet dengan rekannya sesama personel Roxette, Per Gesssle, Marie Fredriksson juga melakukan kolaborasi beberapa kali dengan sang suami, Mikael Bolyos. Kolaborasi pertama mereka terjadi pada November 1994. Mikael juga menggarap album solo kelima Marie Fredriksson.

5. Mahir Melukis
Penampilan Marie Fredriksson saat tampil di salah satu konser di Madrid, Spanyol. Foto: Getty Images

Selain menjadi musisi, Marie Fredriksson juga seorang pelukis. Saat hiatus karena perawatan untuk mengobati tumornya, Marie Fredriksson kembali melakukan hobi yang sudah lama tidak dia kerjakan yakni menggambar dan melukis.


6. Keluarga Sederhana
Marie Fredriksson meninggal setelah 19 tahun berjuang melawan kanker otak. Foto: Getty Images

Marie Fredriksson datang dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang pengantar surat dan ibunya buruh pabrik. Marie Fredriksson merupakan bungsu dari lima bersaudara.

7. Pernah Depresi
Marier Fredriksson vokalis Roxette meninggal di usia 61 tahun. Foto: Getty Images

Seperti dikutip dari News Church, dalam sebuah wawancara, Marie Fredriksson pernah curhat soal kehidupannya sebagai musisi. Dia mengatakan sempat tidak bisa mengatasi sisi hidupnya yang lain ketika menjalani konser tur.

"Aku nongkrong di bar, terlalu banyak minum. Aku merasa sedih sepanjang waktu dan kesulitan menghadapi pers, ketika aku harus selalu bersikap baik dan berbicara yang baik-baik, harus selalu ada untuk orang lain dam tersenyum dan bahagia," ujar Marie Fredriksson.



Simak Video "Tradisi Nimung Rame, Bentuk Syukur Masyarakat di Pulau Sumbawa "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)