Buntut Aksi Wanita Cantik Foto di Kokpit Pesawat, Belasan Orang Ikut Dihukum

Hestianingsih - wolipop Rabu, 06 Nov 2019 16:43 WIB
Chen Yuying, wanita cantik foto di kokpit pesawat yang menyebabkan pilot dipecat. Foto: dok. Weibo Chen Yuying, wanita cantik foto di kokpit pesawat yang menyebabkan pilot dipecat. Foto: dok. Weibo

Guilin - Buntut insiden wanita cantik berfoto di kokpit pesawat, tak hanya pilot yang mendapat sanksi dari maskapai penerbangan. Sejumlah petugas pun terseret. Sedikitnya ada belasan orang yang ikut kena sanksi atas tindakan ceroboh yang sempat viral di media sosial tersebut.

Sebelumnya beredar foto seorang mahasiswi mengunjungi kokpit pada penerbangan Air Guilin dari Guilin, di wilayah barat daya Guangxi, dan Yangzhou, sebuah kota di provinsi timur Jiangsu. Foto yang diduga diambil 10 bulan lalu itu viral pada Minggu (3/11/2019).

Dalam foto, tampak wanita yang diketahui bernama Chen Yuying tersebut berpose memamerkan dua jari. Akibatnya sang pilot mendapat teguran keras hingga dilarang terbang seumur hidup karena mengizinkan penumpang mengunjungi kokpit.


Delapan orang lainnya yang mendapat sanksi berada dalam jajaran eksekutif senior. Salah satunya general manager yang bertugas dalam penerbangan saat insiden itu terjadi, Yue Ding, dipindahtugaskan dari posisinya.

Chairman Air Guilin Xu Xin juga diberikan peringatan keras. Sementara enam sisanya merupakan general manager Air Guilin, deputi general manager, direktur keselamatan, general manager kru kabin dan pelayanan, general manager keamanan penerbangan dan general manager inspeksi keselamatan. Sanksi mereka adalah diberikan catatan 'hitam' dalam riwayat pekerjaan dan didenda tiga bulan gaji.


Dua kru kabin dan dua kopilot juga kena getah dari insiden ini. Mereka dipecat dari maskapai dan dilarang terbang selama 12 bulan.

"Operasional keselamatan merupakan prioritas utama perusahaan dan tidak ada toleransi atas tindakan apapun yang bisa mengancam keselamatan penerbangan. Insiden seperti ini tidak boleh terjadi lagi," tulis pihak Air Guilin dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Asia One.

Simak Video "Dikritik Netizen Soal Pakaian, Ini Kata Tim Indonesia di WSDC 2017"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)