Raih Prestasi di Kejuaraan Lari, 2 Atlet Wanita Ini Viral karena Dikira Pria

Hestianingsih - wolipop Senin, 02 Sep 2019 09:50 WIB
Foto: istimewa/Nextshark/Sina Sports / QQ Foto: istimewa/Nextshark/Sina Sports / QQ

Heilongjiang - Dua atlet putri asal China menorehkan prestasi dengan gemilang di final kejuaraan lari National Track and Field Championships and Grand Prix yang diadakan di Daqing, provinsi Heilongjiang, pekan lalu. Adalah Liao Mengxue dan Tong Zenghuan, yang mencatatkan waktu lari 53.25 dan 53.35 detik, sehingga menempatkan mereka sebagai juara satu dan dua.

Namun tak berapa lama setelah video dan foto kemenangan mereka beredar di internet, bukan prestasi sang duo atlet yang disorot netizen, melainkan penampilan fisik mereka. Tidak sedikit netizen meragukan gender mereka.

Kontroversi mencuat setelah penampakan mereka viral di media sosial. Banyak yang mempertanyakan apakah Liao dan Tong benar-benar seorang perempuan.

"Mereka lebih laki-laki daripada aku," komentar salah satu netizen di Weibo.

Penampilan Liao dan Tang memang berbeda dari perempuan kebanyakan. Memiliki rambut cepak dan tubuh berotot, jika dilihat sepintas, keduanya memang terlihat seperti laki-laki.

Namun jenis kelamin maupun gender mereka seharusnya tidak perlu lagi dipertanyakan. Asosiasi Atletik China telah mengonfirmasi bahwa Liao dan Tong adalah perempuan asli. Kalaupun mereka ternyata laki-laki, tentu saja sudah didiskualifikasi dari kejuaraan.
Liao Mengxue dan Tong Zenghuan bersama dua rekannya saat mengikuti kejuaraan lari Shenyang pada Mei 2019. di Foto: istimewa/Nextshark/Sina Sports / QQ

Ini bukan kali pertama Liao dan Tang dipertanyakan 'identitas' gender-nya. Pada Mei 2019, publik juga dibuat heran dengan penampilan mereka, setelah keduanya berhasil membawa pulang medali emas dalam National Athletics Championship di Shenyang. Saat itu Liao, Tang, mengikuti lomba bersama dua atlet perempuan lainnya, mewakili provinsi Hunan.

Kala itu netizen juga mempertanyakan jenis kelamin mereka. Bahkan ada yang bersikeras kalau keduanya benar-benar lelaki.

"Mereka itu laki-laki," komentar netizen.

"Mereka mungkin minum obat-obatan (hormon)," timpal netizen.

"Tadinya aku kira itu kompetisi campuran untuk pria dan wanita," tulis netizen lagi.

[Gambas:Youtube]


"Kalau cuma lihat fotonya, aku benar-benar tidak tahu kalau mereka perempuan," tambah netizen lainnya.

Namun ada pula netizen yang berkomentar positif. "Apa masalahnya? Selamat ya," kata netizen.

"Sangat menyedihkan ketika kamu sudah melakukan sesuatu yang luar biasa hanya untuk dipermalukan di media sosial. Pikiran orang-orang ini sangat picik. Mereka cuma iri karena menjalani hidup yang tanpa makna," kritik netizen yang pro.

Simak Video "Gokil! Atlet Wanita Ini Bersepeda hingga 296 Km per Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)