Billie Eilish Takut Bercermin karena Menderita Body Dysmorphia, Apa Itu?

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 22 Agu 2019 14:07 WIB
Billie Eilish. Foto: dok. Getty Images Billie Eilish. Foto: dok. Getty Images

Jakarta - Penyanyi yang mencapai sukses di usia 17 tahun, Billie Eilish, ternyata pernah mengidap gangguan mental. Billie yang albumnya pernah masuk dalam tangga lagu musik favorit dengan 2 miliar pendengar ini sempat berusaha keras berjuang melawan Body Dysmorphia.

Body Dysmorphia Disorder (BDD) adalah kondisi gangguan mental yang dapat membuat penderitanya selalu mengkhawatirkan bagaimana bentuk tubuhnya akan terlihat. Penderita BDD akan selalu merasa tidak percaya diri pada tubuhnya. Mereka menganggap tubuhnya lebih besar beberapa kali dari keadaan aslinya.

Sebagian penderita BDD juga selalu merasa jelek dan akan membandingkan dirinya dengan orang lain. Hal itu menyebabkan penderita BDD akan menghabiskan banyak waktunya untuk berusaha keras menutupi kekurangan yang dimiliki, seperti dengan menggunakan makeup atau dengan hanya menggunakan pakaian-pakaian tertentu.


Dalam wawancara dengan Rolling Stone, Billie mengungkapkan BDD dideritanya saat menginjak usia 12 tahun. Gangguan mental tersebut bermula setelah penyanyi dengan pengikut di Instagram lebih dari 34 juta itu mengikuti kelas tari dan melihat banyak wanita cantik dalam kelas tersebut.

"Itu benar-benar saat saya merasa tidak aman. Saya tidak percaya diri. Saya tidak dapat berbicara dan menjadi normal," kata Billie.

Penyanyi kelahiran Desember 2001 itu mengaku merasa panik ketika harus menggunakan kostum yang ketat untuk menari. Dia pun terlalu mengkhawatirkan akan penampilannya saat menari. Dan yang terparah, Billie mengaku bahwa dirinya sampai takut untuk berkaca.

Menurut Billie usia 13 hingga 16 tahun adalah masa-masa paling berat dalam hidupnya. Pada masa itu yang dipikirkannya hanyalah seberapa menyedihkannya dirinya. Dia pun merasa depresi.

Billie baru bisa terbebas dari depresi dan BDD setelah dirinya memasuki usia 17 tahun. "Pada pertunjukkan saya, terkadang saya melihat wanita dengan bekas luka di lengannya, dan itu menhancurkan hati saya. Saya tidak memiliki bekas luka lagi karena itu sudah berlangsung di waktu yang cukup lama. Tetapi saya mengatakan kepada beberapa dari mereka, 'Perlakukanlah dirimu dengan baik'," kata penyanyi dengan hits Bad Guy itu.

Pengakuan Billie soal BDD ini seolah menyadarkan bahwa penyakit gangguan mental yang membuat seseorang tidak percaya diri pada bentuk tubuhnya itu ada. Pakar BDD, Katharine A. Phillips, MD
mengungkapkanpenderitaBDD seperti Billie telah mencapai mendekati 10 juta orang di Amerika Serikat. Menurut Katharine, gangguan mental ini adalah salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh orang-orang namun si penderitatidakmenyadarinya.

Simak Video "Berhijrah Tak Jadi Alasan Arie Untung untuk Tidak Stylish"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)