Para Kontestan Terlalu Putih, Ajang Miss India Jadi Kontroversi

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 01 Jun 2019 07:21 WIB
Finalis Miss India. Foto: Twitter Finalis Miss India. Foto: Twitter

Jakarta -

Kontes kecantikan Miss India baru-baru ini merilis foto 30 finalisnya tahun ini. Daftar para kontestan pun langsung menerima sejumlah kritikan dari netizen. Organisasi ajang kecantikan tersebut dianggap memilih wanita yang kurang beragam dan mewakili negara karena hampir semuanya berkulit putih dan berwajah sama.

Sebuah foto di Twitter yang diunggah netizen bernama LeBrown James menunjukkan foto 30 wanita cantik. Di bagian atas pun tertulis 'Who Will Be Crowned Miss India This Year?' Namun puluhan wanita terpilih yang akan memperebutkan mahkota itu dianggap tidak mewakili India. Para netizen beranggapan jika mereka punya kulit yang putih. Seseorang pun berkomentar 'Ini terlalu putih!'.

"Semua kloning 'Fair n Lovely'. Tidak ada representasi dari kecantikan Selatan dan Timur Laut yang (berkulit) hitam. Ini seharusnya dinamakan ajang kecantikan India Utara-Punjabi," tulis seorang netizen. "Filter kecantikan yang sama telah digunakan pada semua orang, tidak meninggalkan celah untuk keberagaman dan inklusivitas," kata yang lain. "Ini terlalu putih. Di mana ratu-ratuku yang punya melanin?," tulis pengguna Twitter.

Seperti kebanyakan negara Asia lain, kulit putih juga lebih difavoritkan dan dianggap lebih cantik di India. Dilansir Dailymail, hal ini pun sudah terjadi sejak sebelum kolonialisme pada 1600an di mana hierarki sosial masih berdasarkan kasta. Mereka yang berkasta rendah pun harus menghabiskan waktu bekerja di luar ruangan. Karena itu, mereka punya kulit yang lebih gelap dan diasosiasikan dengan golongan rendah.



Tampaknya hingga kini kulit putih pun masih diasosiasikan dengan kelas yang lebih tinggi dan lebih cantik. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya brand kosmetik yang menjual produk pemutih kulit. Kebanyakan aktris terkenal, seperti Aishwarya Rai hingga Priyanka Chopra pun punya kulit yang cenderung lebih putih dari wanita India biasa.

(ami/ami)