Pakai Gaun Heboh, DJ Pria Ini Nyaris Dilarang Masuk ke Cannes Film Festival

Hestianingsih - wolipop Jumat, 24 Mei 2019 08:39 WIB
DJ Kiddy Smile pakai gaun di red carpet Cannes Film Festival. Foto: Getty Images DJ Kiddy Smile pakai gaun di red carpet Cannes Film Festival. Foto: Getty Images

Cannes - Cannes Film Festival punya aturan ketat soal cara berbusana ketika berada di red carpet atau memasuki arena teater. Namun seorang musisi mendobrak aturan busana yang sudah berlaku selama puluhan tahun itu.

Saat hadir di Cannes Film Festival, para pria harus mengenakan setelan tuksedo dengan dasi kupu-kupu. Sementara wanita diharuskan memakai gaun malam dan high heels.

Kiddy Smile, seorang DJ asal Paris, mencoba melanggar aturan tersebut dengan busana nyentrik. Alih-alih setelan tuksedo, ia melenggang di red carpet berbalut gaun oranye-pink motif floral.


Bergaya eksentrik, Kiddy Smile juga memakai kalung emas dan anting berbentuk salib sebagai pelengkap busana. Tampilan tersebut dikenakannya untuk hadir di premier film 'Dolor y Gloria' pada Jumat (17/5/2019) lalu.

Berbusana tak sesuai dress code, Kiddy Smile nyaris tak bisa masuk area teater untuk menonton film tersebut. Ia menceritakan bahwa seorang petugas menanyakan apakah gaun yang dikenakannya adalah pakaian tradisional orang Afrika.
Pakai Gaun, DJ Pria Ini Hampir Dilarang Masuk ke Cannes Film FestivalFoto: Getty Images

Kiddy Smile pun menjelaskan kalau gaunnya bukan baju tradisional. Alhasil, petugas melarangnya memasuki red carpet. Untung saja, seorang supervisor datang dan akhirnya memperbolehkan Kiddy Smile masuk.

DJ yang telah menelurkan tiga album tersebut mengungkapkan alasannya pakai gaun ke Cannes Film Festival. Bukan sekadar eksistensi dan menarik perhatian, tapi sebagai identitas diri.


"Bagi pria, kamu harus pakai tuksedo hitam dan dasi kupu-kupu. Itu sangat kuno. Aku pria tapi ketika gender kamu netral atau nonbinary (identitas gender bukan sebagai pria ataupun wanita), kamu tidak bisa eksis di bawah protokol semacam ini," ujarnya, seperti dikutip dari People.

Setelah mencoba mendobrak aturan dan ternyata berhasil, Kiddy Smile mengaku bangga dan senang.

"Aku sangat senang bisa melakukan ini, dan jadi diriku sendiri, dan mengenakan sesuatu yang seperti diriku, mewakili kepribadianku," pungkasnya.
(hst/hst)