Cerita Miss Universe Soal 'Kejamnya' Dunia Model: Naik 1 Kg Disebut Gemuk

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 06 Mei 2019 06:49 WIB
Miss Universe 2014 Paulina Vega. Foto: Ethan Miller/Getty Images Miss Universe 2014 Paulina Vega. Foto: Ethan Miller/Getty Images

Jakarta - Paulina Vega, Miss Universe 2014 menceritakan bagaimana kejamnya dunia model di masanya. Dia mengaku pernah disebut gemuk oleh agensi model setelah berat badannya naik satu kilogram. Wanita bertumbuh semampai itu pun kaget dengan pernyataan pihak agensi tersebut.

Momen tersebut dibagikannya dalam blog pribadinya. "Aku akan mengatakan kepada kalian apa yang tejadi 1,5 tahun setelah selesai dari Miss Universe," tulis wanita 26 tahun itu di awal blognya.

Paulina menjelaskan bahwa setelah kemenangannya, dia lebih sering travelling dan menjadi model. Wanita asal Kolombia itu pun dikontrak oleh salah satu agensi model di New York.


Setelah tiga bulan setelah dia dikontrak, Paulina kembali ke kantor agensi untuk mengecek bentuk tubuhnya. Ternyata Paulina naik satu kilogram.

Miss Universe 2014 Paulina Vega.Miss Universe 2014 Paulina Vega. Foto: Ethan Miller/Getty Images


Harusnya tidak masalah karena hanya naik satu kilogram saja. Tapi berbeda dari sudut pandang agensi model tersebut.

"Pada pertemuan itu, mereka mengatakan bahwa aku tidak lagi tergolong sebagai model catwalk atau pemotretan majalah. Aku tidak lagi sekurus itu dan akan diklasifikasikan model plus size (gemuk)," cerita Paulina di blognya.

Paulina mengaku bahwa saat itu ia cukup terkejut tapi tidak tersinggung dikategorikan plus size. Dia hanya bingung, bagaimana bisa ukuran bajunya 'S' tapi dianggap gemuk.

"Di bawah standar seperti apa seseorang dianggap plus size? Dan siapa yang menentukan standar tersebut?" tanyanya tak habis pikir.

Sejak kejadian itu, Paulina memutuskan hanya berkolaborasi dengan brand yang sesuai dengan nilai-nilainya dan tidak akan mengambil pekerjaan jika klien terlalu sibuk dengan ukuran tubuh.

"Modelling adalah bagian dari diriku. Aku suka pekerjaanku dan menghargai apapun yang terjadi pada hidupku. Dari 'kurus' ke 'gemuk' bisa saja mengecewakanku. Tapi aku lebih memilih untuk menjadikan hal tersebut sebagai inspirasi agar tetap fokus dengan apa yang aku kerjakan dan membangun jalanku sendiri. Dari semua itu, aku belajar untuk menjadi diriku sendiri," ungkapnya.

Di akhir curahan hatinya, Paulina berharap bahwa masyarakat terus menyuarakan kepada brand, media atau industri model tentang kecantikan natural masing-masing orang, tanpa perlu ditentukan dari ukuran tubuh. (kik/eny)