Bintang 'Game of Thrones' Minta Fans Stop Beli Anjing Husky Cuma untuk Gaya

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 13 Apr 2019 06:42 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Selain karakter manusia, karakter hewan juga memiliki daya tarik tersendiri di kalangan fans 'Game of Thrones'. Mereka adalah direwolves, para serigala peliharaan klan Stark.

Tidak sedikit fans garis keras serial besutan HBO ini membayangkan bisa punya direwolves setangguh, seloyal dan sepintar Grey Wind, Lady, Nymeria, Summer, Shaggydog atau Ghost. Namun fans yang mengidolakan direwolves tenyata memunculkan isu yang cukup mengkhawatirkan.

Ada fans yang hanya berandai-andai bisa memiliki direwolves, ada pula yang terobsesi hingga rela membeli anjing yang jenisnya mirip dengan karakter fiksi tersebut. Jenis anjing yang paling mendekati serigala keluarga Stark adalah siberian husky. Data statistik mencatat permintaan terhadap anjing jenis ini meningkat.

Bintang 'Game of Thrones' Minta Fans Stop Beli Anjing Husky Cuma untuk GayaNymeria, direwolves milik Arya Stark. Foto: Istimewa

Sayangnya hal itu tidak dibarengi dengan kesadaran dan komitmen bahwa para anjing husky ini adalah makhluk hidup yang harus dirawat dan disayangi. Tak sedikit siberian husky yang berakhir di penampungan karena ternyata pemiliknya tak sanggup merawat mereka.

Nasib malang anjing husky yang dibeli hanya untuk ditelantarkan membuat salah satu bintang 'Game of Thrones', Jerome Flynn, prihatin. Menjelang penayangan perdana season 8 pada 14 April 2019, pemeran Bronn ini menyampaikan pesan bagi para fans 'Game of Thrones' di seluruh dunia.

"Penampunya anjing di berbagai dunia melaporkan adanya peningkatan drastis anjing husky yang ditelantarkan karena pemiliknya hanya iseng, suka dengan wujud anjing ini, tapi tidak bisa menyediakan waktu, kesabaran dan uang yang cukup untuk merawat binatang ini dengan benar," ucap Jerome dalam video kampanye yang dirilis PETA.

Ia pun mengimbau penggemar 'Game of Thrones', khususnya direwolves, agar tidak lagi membeli anjing husky jika tidak benar-benar serius memeliharanya.
Bintang 'Game of Thrones' Minta Fans Stop Beli Anjing Husky Cuma untuk GayaDirewolves di Game of Thrones yang mirip anjing husky. Foto: Istimewa

"Kalau kamu memang serius ingin menambah teman berkaki empat ini jadi anggota keluarga, kamu bisa menyelamatkan hidup dengan mengadopsi satu, atau lebih baik dua, dari penampungan hewan terdekat sehingga mereka bisa saling menemani," ujarnya.

Menurut Jerome dan PETA, jumlah anjing husky yang ditelantarkan dan diserahkan ke penampungan meningkat secara signifikan. Para ahli serta penyayang hewan meyakini sebagian besar anjing husky terlantar ini dulunya milik penggemar 'Game of Thrones' yang membeli mereka secara impulsif hanya karena bentuknya mirip direwolves, bukan semata karena sayang dan peduli.

Sementara itu seperti dikutip People, pusat perlindungan hewan di Inggris melaporkan ada peningkatan hingga 420 persen dari jumlah anjing husky yang terlantar di jalanan. Begitu pula di Los Angeles, PETA mengungkap bahwa jumlah anjing husky di penampungan meningkat hingga tiga kali lipat sejak 2013.
Bintang 'Game of Thrones' Minta Fans Stop Beli Anjing Husky Cuma untuk GayaPenampakan Ghost, direwolves milik Jon Snow. Foto: Istimewa

Peter Dinklage, pemeran Tyrion Lannister, juga pernah mengimbau penonton 'Game of Thrones' agar tidak membeli anjing husky demi kepuasan semata.

"Tolong, untuk semua penggemar tersayang 'Game of Thrones', kami paham karena popularitas besar direwolves, banyak dari kalian yang membeli husky. Tindakan ini tidak hanya menyakiti anjing-anjing terlantar yang sedang menunggu giliran mereka untuk mendapatkan rumah yang layak, tapi tempat penampungan juga melaporkan banyak anjing husky ini yang diabaikan - seperti yang sering terjadi ketika anjing dibeli secara impulsif, tanpa mengerti apa yang jadi kebutuhan mereka," pungkas Peter.


Simak Juga 'HBO: Game of Thrones Season 8 Bakal Mendebarkan':

[Gambas:Video 20detik]

(hst/hst)