Kisah Wanita Tua Bayar Utang Rp 21 Ribu yang Dipinjamnya 50 Tahun Lalu

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 09 Apr 2019 14:11 WIB
Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock

Zhejiang - Adalah kewajiban setiap manusia untuk membayar utang yang pernah dipinjamnya berapapun besarnya. Seperti dilakukan oleh wanita tua asal China ini yang bahkan rela berjalan di tengah hujan untuk membayar utangnya.

Sun Xingbao tiba-tiba memutuskan untuk berjalan 3 kilometer (1,8 mil) di tengah hujan untuk membayar utang yang harus dia bayar kepada seseorang. Wanita berusia 98 tahun ini ingat bahwa ia berutang uang kepada tukang kayu Zhang Falin 50 tahun yang lalu, sejak ia mempekerjakannya untuk membuat perabot setelah putranya menikah.



Namun, pada saat itu keluarga wanita yang berasal dari provinsi Zhejiang di Cina timur, hidup dalam kemiskinan. Sun tidak mampu membayar biaya pengerjaan keseluruhan.

Bulan lalu, Sun ingat apa yang telah terjadi dan merasa tidak nyaman dengan utang sejak lima dekade lalu itu. Menurut laporan AsiaOne, Sun berutang 10 yuan atau sekitar Rp 21 ribu.



Jadi Sun memutuskan untuk mengambil sejumlah uang dari rekening banknya dan melakukan perjalanan ke tempat Zhang. Setelah berhasil menemukannya, dia bersikeras membayar utang yang dia miliki dengan bunga yang sekarang berjumlah total 1.500 yuan (Rp 3,1 juta).

Sun terus bersikeras bahwa biaya untuk pengerjaan telah meningkat selama beberapa dekade dan bahwa Zhang harus menerima lebih dari 10 yuan yang dia miliki. Zhang, pada awalnya, menolak untuk menerima tawaran wanita tua itu, tetapi dia akhirnya menyerah dan hanya mengambil 1.200 yuan (Rp 2,5 juta)


Simak Juga 'Pria Ini Bayar Utang dengan Uang Mainan Rp 4,5 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]


(agm/eny)